oleh

Tetap Khidmat, Apel Kehormatan dan Renungan Suci di OKI Dilaksanakan Secara Sederhana dan Terbatas Selasa, 17 Agustus 2021 –

Harianmerdekapostcom-KAYUAGUNG-OKI,…..– Apel kehormatan dan renungan suci yang digelar setiap tahun dan dihadari Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merupakan salah satu rangkaian peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan pada malam sebelum detik-detik proklamasi kemerdekaan, Senin (16/8) malam.

Pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci tahun ini dilaksanakan secara khidmat meskipun dalam kondisi sederhana dan terbatas. Setiap peserta yang terlibat harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin.

Apel kehormatan dan renungan suci yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Negara dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan atas peran besar para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan tanah air agar Bumi Pertiwi dapat terbebas dari belenggu para penjajah.

Tahun ini, Kapolres OKI Dili Yanto SIK SH MH bertindak selaku inspektur upacara. Suasana berlangsung khidmat saat inspektur upacara membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci dengan kondisi lampu taman makam dipadamkan. Sebagai penerang, dua obor dinyalakan oleh petugas upacara.

“Kita semua yang hadir dalam acara ini memberikan hormat atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan yang telah rela berjuang jiwa raga, bahkan mempertarukan nyawa untuk mempersembahkan kemerdekaan yang kita rasakan saat ini,” kata Dili Yanto.

Sementara itu, Bupati OKI H. Iskandar SE saat diwawancari awak media menyampaikan, doa bersama yang dilakukan ini bertujuan untuk mengharapkan kepada sang pencipta agar semua arwah para pahlawan yang telah berjuang untuk negara dan bangsa mendapat tempat terbaik di sisinya.

Iskandar menambahkan, tugas kita selanjutnya adalah meneruskan cita-cita dan perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita.

Acara yang rutin digelar setiap tahun tersebut ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. [RF,AR

banner 300250



banner 300250
No Slide Found In Slider.

News Feed