Terkait Surat Dari BASSRA, Begini Tanggapan Dua Legislator Pamekasan

banner 300250

Pamekasan, harianmerdekapost.com – Menyikapi adanya Covid 19 yang menjadi pandemi di seluruh dunia, dan mengantisipasi masuknya virus mematikan tersebut, Badan Silaturrahmi Ulama’ Pesantren Madura (BASSRA) layangkan surat kepada para Bupati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) se Madura. Kamis, (26/3/2020)

Dalam surat tersebut ditegaskan, agar para Bupati dan FORKOPIMDA se Madura mempertimbangkan agar Pulau Madura dilakukan Lockdown sementara waktu

banner 300250

Hal ini bukan tanpa alasan, dengan berdasarkan beberapa kajian dan melihat Fenomena yang terjadi di Indonesia, apalagi tedapat sejumlah daerah di Jawa Timur yang tergolong pada Red Zone.

Ditegaskan BASSRA dalam surat bernomor 17/BASSRA/A/III/2020 tersebut, Lock Down merupakan upaya mengurangi resiko penyebaran Covid 19 yang masiv dan cepat.

Surat tersebut di sambut baik oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Pamekasan Fathor Rohman M.Si., menurutnya, apa yang tertuang dalam surat tersebut merupakan ikhtiyar yang baik dan harus segera dilaksanakan.

Seperti diketahui, Sabtu, (28/3) Gubernur Jawa Timur secara cepat melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, guna membahas wacana pemberlakuan Lockdown di akses pintu masuk madura

Apa yang dilakukan BASSRA lanjut Fathor, merupakan inisiasi dalam mempertahankan Zona Hijau untuk Madura, sehingga Madura tetap steril dari Covid 19.

“Sebagai Ketua DPRD Pamekasan, kami sangat apresiasi sekali dengan inisiatif Bassra, kami yakin, apa yang jadi pertimbangan para Ulama’ Madura tidak lain demi keselamatan ummat dari wabah ini.” Terang politisi partai berlambang ka’bah ini.

“Ini merupakan ijtihad dan ikhtiyar para Ulama’ yang sudah memadukan antara sisi keagamaan dan konteks situasi negara saat ini, kami mengamini ijtihad para beliau,” Tegasnya. Sabtu, (28/3/2020)

Senada disampaikan Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Ismail SH.I, MI.P., menurutnya, yang menjadi usulan dari Ulama’ Madura tidak hanya dipertimbangkan, tapi harus direspon dengan cepat, mengingat eskalasi Covid 19 sangatlah cepat

“Kami sangat mendukung dengan apa yang sudah jadi ijtihad ulama, dengan pemberlakuan Lockdoen di pintu masuk ini sangat rasional, mengingat penyebaran virus ini sangat cepat,” Terang anggota fraksi Demokrat ini. Sabtu, (28/3/2020)

“Segera mungkin, Bakorwil Madura melakukan langkah-langkah cepat dengan apa yang disampaikan Ulama’ BASSRA ini, yakni dalam upaya pemberlakuan Lockdown di akses pintu masuk Madura, ini semua demi keselamatan dan keamanan kita bersama” Tukasnya.

Jurnalis : Sid