oleh

Tawarkan Nuansa Pegunungan, Bukit Kampung Cipancar Bisa Jadi Potensi Destinasi Wisata Baru Sukamakmur

banner 300250

Harianmerdekapost.com-Bogor Jawa Barat- Sukamakmur merupakan sebuah daerah yang berada di wilayah Bogor bagian timur, dengan kondisi topografi serta di dominasi dengan kawasan pegunungan yang menawan, menjadikan Sukamakmur sebagai daerah yang memiliki ragam destinasi wisata yang patut untuk diperhitungkan.

Bpk H.Jumsari beserta Ibu Ati, yang dillampiri fotoJalan menuju bukit cipancar

Salah satunya adalah sebuah perbukitan hijau yang berada dipinggiran Kampung Cipancar, Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Tempat yang persis berada di atas bukit tersebut menawarkan berbagai keindahan panorama alam, dapat memanjakan bagi siapapun yang datang.



banner 300250
Dari ketinggian bukit cipancar dan fotoLokasi Bukit Cipancar

Berada dipuncak bukit tersebut, kita akan dapat merasakan keasrian alam pegunungan, udaranya yang sejuk seakan membelai diri untuk bersantai, hamparan ladang dan sawah yang menghijau terbentang dibawah bukit membuat kita betah memandangnya, maka pantaslah jika puncak bukit tersebut menjadi sebuah destinasi wisata alam dengan panoramanya yang indah nan menawan.

Alangkah indahnya bukit yang berada dipinggiran Kampung Cipancar yang berpotensi tersebut jika disulap menjadi sebuah tempat destinasi wisata yang bernuansa alam terbuka, dengan semua keindahan dan keasriannya maka tidaklah mustahil jika tempat tersebut kedepannya bisa menjadi destinasi wisata favorit bahkan menjadi primadonanya wisata alam di daerah Sukamakmur.

Bpk H.Jumsari merupakan sosok pemilik lokasi tanah perbukitan tersebut, rumahnya berada di Kampung Legok Nyenang yang tidak begitu jauh dari Kampung Cipancar, H.Jumsari juga yang telah membuatkan akses jalan menuju perbukitan tersebut, bahkan jalan tersebut menembus ke Desa tetangga, yaitu Desa Wargajaya, jalan yang baru dirapikan itu selain melewati perbukitan nan indah, jalan tersebut juga sebagai penghubung antar dua (2) Desa, yakni Desa Sirnajaya dengan Desa Wargajaya.

Jalan lintas penghubung antar dua (2) Desa tersebut dibangun dengan melewati perbukitan H.Jumsari, dengan harapan kedepannya lokasi tersebut dapat dimanfaatkan serta dikelola menjadi sebuah tempat destinasi wisata, dan mampu bersaing dengan wisata-wisata lainnya yang sudah ada di Wilayah Sukamakmur, karena sangat disayangkan jika ada sebuah tempat yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata tidak dapat dikelola atau dimanfaatkan.

Meskipun saat ini akses jalan menuju bukit tersebut baru beralaskan tanah merah, namun sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua (2), selama dalam perjalanan menuju puncak bukit, setiap sudut pandang mata kita akan dimanjakan oleh hamparan persawahan yang menghijau, gemericik air yang mengalir kecil dipinggiran jalan bagaikan sebuah irama yang mengalun menemani setiap langkah kita.

“Akses jalan yang baru dibuat ini memang menghubungkan antar dua (2) Desa, hingga menembus ke Desa tetangga, namun rute jalannya sengaja dibangun melewati lokasi tanah perbukitan, dengan harapan agar kedepannya lokasi tanah tersebut bisa dibangun menjadi sebuah tempat destinasi wisata dengan panorama keindahan bernuansa alam terbuka” Kata H.Jumsari saat di sambangi awak Media dirumahnya, Kamis (23/9/2021).

Namun justru dengan rute jalan (Tracking) yang berliku, serta banyaknya perbukitan yang menjulang, jelas dapat memberikan sensasi tersendiri, akses jalan seperti itu sangatlah strategis dan cocok bagi kelompok atau komunitas tim adventure yang suka berpetualang dengan kendaraan motor Trail maupun kendaraan Off-road.

Masih sambung H.Jumsari, “Akses jalan menuju Desa tetangga yang rutenya melewati perbukitan tersebut memang masih tanah merah, karna masih terbentur dengan biaya dalam memperbaiki ataupun menata jalan tersebut, namun ada bagusnya juga dengan kondisi jalan yang seperti sekarang ini, karena jalur akses jalan seperti inilah yang saat ini sering dicari dan digunakan oleh para petualang penakluk jalanan seperti tim maupun komunitas pecinta motor Trail ataupun Off-road” Tegasnya.

Menikmati pemandangan pegunungan dengan aroma destinasi bernuansakan panorama alam terbuka dengan segala keindahan dan keasriannya adalah salah satu cara yang terbukti paling manjur untuk menghilangkan kepenatan karena rutinitas bekerja, serta dapat membuat pikiran dan jiwa menjadi segar kembali, serta merupakan salah satu metode untuk menghilangkan stress.

“Meskipun saat ini fasilitas dipuncak bukit belum ada apa-apa karena masih dalam tahap perapihan, namun saya akan terus mencoba menata keindahan lokasi bukitnya, dengan membangun beberapa Gazebo diatasnya, saya yakin tempat ini kedepannya akan menjadi sebuah destinasi wisata alam yang bisa dikenal oleh masyarakat umum, khususnya bagi mereka yang suka petualangan di alam terbuka, karena tempat ini mempunyai daya tarik tersendiri, serta memiliki potensi yang mumpuni untuk bisa bersaing di dunia wisata” Tambah H.Jumsari.

“Dengan membangun dan mensulap lokasi ini menjadi tempat destinasi wisata, saya berharap bisa mengangkat perekonomian masyarakat setempat, khususnya bagi warga sekitar Kampung Cipancar, karena seperti kita ketahui, bahwa selama ini Kampung Cipancar merupakan sebuah Kampung tertinggal yang jarang terjamah oleh khalayak ramai” Tutup H.Jumsari.

Tyas

banner 300250

banner 300250

banner 300250

WhatsApp Image 2021-10-16 at 01.27.47(1)(1)(2)
WhatsApp Image 2021-10-16 at 01.27.47(2)(1)
IMG-20211013-WA0008
WhatsApp Image 2021-10-16 at 01.27.47(1)(1)(2) WhatsApp Image 2021-10-16 at 01.27.47(2)(1) IMG-20211013-WA0008


No Slide Found In Slider.

News Feed