SOSIALISASI KAMPUNG PANCASILA DI WILAYAH KORAMIL 0812 / 09 MANTUP – LAMONGAN, TEPATNYA DI BALAI DESA TUNGGUNJAGIR

banner 300250

Harianmerdekapost.com, – Lamongan, Jawa Timur – KORAMIL 0812/09 MANTUP gelar SOSIALISASI KAMPUNG PANCASILA di Balai Desa TUNGGUNJAGIR, Kecamatan MANTUP, Kabupaten LAMONGAN, selasa (22/02/2022). Desa TUNGGUNJAGIR termasuk Desa yang padat penduduknya,kurang lebih 4.600. Di tahun 2020 kemarin telah terpilih sebagai KAMPUNG tangguh semeru se kecamatan Mantup. Di tahun 2022 ini Koramil 0812/09 MANTUP mejadikan Desa Tunggunjagir sebagai KAMPUNG PANCASILA.

KAPTEN Arh YUDHA KURNIADI Danramil 0812/09 MANTUP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, tujuan utama pembentukan KAMPUNG PANCASILA ini untuk menjaga dan memelihara PANCASILA sebagai ideologi Negara.Paling tidak warga masyarakat hafal lima sila yang ada dalam PANCASILA.Harapannya semua warga masyarakat khususnya Tunggunjagir mendukung adanya KAMPUNG PANCASILA ini. Karang Taruna sebagai generasi muda yang mudah bergerak dijadikan pelopor KAMPUNG PANCASILA.

“Sasarannya pembentukan KAMPUNG PANCASILA secara masiv di wilayah teritorial Kodam V / BRAWIJAYA dan terwujudnya pengamalan PANCASILA dalam kehidupan masyarakat. Khususnya kaum milenial atau generasi muda, ” jelasnya.
Lebih lanjut DANRAMIL 0812/09 MANTUP mengatakan, nantinya KAMPUNG PANCASILA akan diisi dengan berbagai ide – ide kreatif tentang nilai – nilai PANCASILA dalam kehidupan dan pergaulan masyarakat.
Dengan gambar Moral. Tema Moral adalah PANCASILA sebagai wujud nyata pelestarian nilai – nilai implementasi PANCASILA yang dituangkan dalam gambar. Semua kegiatan nantinya akan dipandu dari petugas KORAMIL 0812/09 MANTUP. Kegiatan di dalam KAMPUNG PANCASILA ini nantinya akan dilombakan, dari tingkat kabupaten sampai propinsi.

Bintara Pembina Desa (BABINSA) 0812/09 MANTUP, SERKA LUKMAN menambahkan secara singkat, Tujuan KAMPUNG PANCASILA diantaranya,
1.Saling menghormati sesama.
2.Menciptakan rasa persatuan
dan kesatuan atas Dasar Bhinneka Tunggal Eka.
3.Bermusyawarah dalam mengambil keputusan.
” Di KAMPUNG PANCASILA ini, masyarakat bisa mengamalkan nilai – nilai PANCASILA dalam kehidupan bermasyarakat dan nantinya kita akan edukasi masyarakat tentang pentingnya PANCASILA sebagai Dasar ideologi Negara. Tidak ada yang bisa menganti PANCASILA. PANCASILA Harga Mati, ” jelasnya.

Kepala Desa TUNGGUNJAGIR, ARIES KUSMARYONO mengharap kepada masyarakat untuk semakin menumbuhkan jiwa PANCASILA dalam kehidupan sehari – hari. Dengan memperkuat jiwa PANCASILA, paham – paham terorisme dan radikalisme yang akan masuk ke pedesaan akan bisa tertolak, jika dibagun dengan mengedepankan jiwa PANCASILA dan toleransi, jelasnya.

Adapun yang hadir dalam SOSIALISASI diantaranya, DANRAMIL 0812/09 MANTUP, KAPTEN Arh YUDHA KURNIADI, BABINSA, SERKA LUKMAN, KEPALA DESA TUNGGUNJAGIR, ARIES KUSMARYONO, SEKRETARIS DESA, M. SYAFI, I, segenap perangkat Desa, LPM, BPD, RT / RW, serta KARANGTARUNA. (Rpi KABIRO LMG).