Simulasi Penangan Pasien Virus Corona di RSUD Sosodoro Djatikoesoemo

-Berita-200 Dilihat
banner 300250

banner 300250

Bojonegoro, harianmerdekapost.com – Sebuah ambulance berhenti tepat di depan Gedung F Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosooro Djatikoesoemo.pada sabtu 07’03/2020.

Beberapa petugas medis datang menghampiri ambulan. Mereka memakai alat pelindung diri mulai dari baju plastik, masker, kacamata, topi, sarung tangan, dan sepatu dari plastik. Petugas medis kemudian membuka pintu dan menurunkan seorang pasien yang terbaring dalam tempat tidur.

Selang infus tertancap di lengan tangannya, dan mulutnya ditutupi masker. Pasien tersebut lantas dibawa masuk gedung G. Mereka menuju ruang isolasi lantai II dengan naik lift. Itulah sekilas gambaran simulasi penanganan pasien virus corona oleh RSUD Sosodoro Djatikoesoemo,

. Simulasi digelar setelah pelayanan kesehatan plat merah itu ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk menangani pasien virus corona khususnya di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya.

“Standart pakaian petugas medis memang harus seperti itu. Untuk melindungi diri,” ujar Humas RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, drg Thomas Djaja. Dijelaskan, simulasi ini sebagai salah satu persiapan jika sewaktu-waktu RSUD Bojonegoro menerima pasien virus corona.

Dengan begitu, petugas medis dapat menangani dengan tepat, dan cepat. “Selain simulasi kita juga sedang melakukan sosialisasi alur penanganan

,” tegasnya. Alurnya, mulai rujukan dari pasien yang diterima, lalu dilakukan perawatan. Kemudian jika pasien tersebut positif terjangkit virus corona akan dirujuk lagi ke rumah sakit yang ditunjuk untuk merawat pasien corona, yaitu Rumah Sakit Dr Sutomo Surabaya, sebagai tempat karantina.

“Di sini merupakan rumah sakit transit untuk penanganan awal pasien yang diduga terjangkit virus corona,” ujar Thomas.

Humas Dinas Kesehatan Bojonegoro, Fitri Munira Pitaloka meminta masyarakat tidak panik dan resah menghadapi virus corona. Virus tersebut dapat ditangkal dengan pola hidup bersih dan sehat.

Mulai dari istirahat cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak minum aif putih, dan membiasakan menjaga kebersihan. (jurnalis abq n team )

banner 300250