SERTIPIKAT TANAH PROGRAM PTSL DESA CAPANG

banner 300250

Pasuruan, harianmerdekapost.com – Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL ) merupakan tanggung jawab kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional ATR / BPN , yang akan terus di gencarkan sampai dengan tahun 2025 . Di harapkan seluruh bidang tanah di Indonesia pada tahun tersebut dapat terdaftar dan bersertipikat .

Lambannya proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah . Berbagai cara di lakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya . Untuk menanggulangi permasalahan tersebut , melalui kementrian ATR / BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) .

banner 300250

banner 300250

Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Pasuruan juga serentak dalam pelaksanaan program PTSL tersebut . Program dari pemerintah pusat ini di harapkan dapat mengurangi permasalahan konflik pertanahan .
Program PTSL ini juga nantinya akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat , sebab sertipikat yang di miliki masyarakat bisa menjadi barang berharga yang bisa di gunakan dan di agunkan kepada pihak bank dan lembaga keuangan .

Kepala Desa Capang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan Yahya menghimbau kepada warga masyarakatnya agar segera mendaftarkan tanahnya bagi yang belum mendaftarkannya , karena program ini mempercepat pengurusan tanah menjadi bersertipikat , sebab tanah yang telah memiliki sertipikat mendapat kepastian dan perlindungan hukum terhadap hak atas tanah yang di miliki .
Setelah di adakan musyawarah mufakat oleh Kepala Desa Capang Yahya , memutuskan sebagai Ketua PTSL : Saiful Bahri , Sekretaris : Afif , Bendahara : Moh Arifin dan anggota PTSL berjumlah 60 orang terdiri dari RT dan RW di libatkan semua .

Desa Capang meliputi Dusun Cengkaruk Watu , Dusun Selohan , Dusun Krajan , Dusun Kandangsari dan Dusun Semambung . Hingga saat ini data warga yang telah mendaftarkan tanahnya ke Panitia PTSL kurang lebih sebanyak kurang lebih 2300 bidang dari jatah kuota BPN Pasuruan sebanyak kurang lebih 4090 bidang .

Sampai saat ini pemberkasan berjalan dengan sukses dan Program PTSL ini berjalan lancar . Kepala Desa Yahya dan Ketua PTSL Saiful Bahri beserta seluruh Anggota PTSL sangat berterimakasih kepada pemerintah karena telah mencanangkan Program PTSL ini . Editor red ( Jurnalis Suroso )

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed