oleh

SEDEKAH BUMI DI LINGKUNGAN PASEGAN PETUNGASRI KECAMATAN PANDAAN PASURUAN

-Berita, Nasional-198 Dilihat
banner 300250

Harianmerdekapost.com,-PasuruanJatim,- Prosesi sedekah bumi di lingkungan Pasegan kelurahan Petungasri kecamatan Pandaan kabupaten Pasuruan, (07-08-2022)
Ada yang lain daripada yang lain, dipusat kota Pandaan, masih ada acara yang namanya sedekah bumi. Sedangkan Pandaan sudah dikenal sebagai kota industri dan wisata. Saat ini banyak masyarakat perkotaan yang mulai melupakan asal usul daerah yang ditempati, disini malah berusaha untuk melestarikan nya.

Menurut bapak Husen waleuru warga setempat sekaligus panitia yang di temui awak media mengatakan ” Sedekah bumi ini salah satu bentuk syukur kami sebagai warga lingkungan Pasegan disamping itu acara ini juga memperingati Haul Mbah SariRejo dan Nyai Saidah Siti Fatimah yang babat alas lingkungan Pasegan dan sekitarnya disamping itu juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 77″.

Rangkaian acara dimulai malamnya mengadakan pengajian dan pagi harinya diadakan kirab budaya dan nanti malam diadakan pertunjukan wayang kulit. Kirab Budaya ini Alhamdulillah banyak warga yang antusias, walaupun hanya dua RW (Rukun Warga). Hampir 25 ( dua puluh lima) kelompok peserta, mulai dari pembawa bendera, pakaian budaya Jawa sampai Ancak hasil Bumi dan tumpeng. Acara yang dimulai pagi hari jam 07:00- 10:00, acara start dimulai dari Punden lingkungan Pasegan dan berkeliling di lingkungan sekitar berakhir atau finish diPunden juga. Sebelum acara berakhir ditutup dengan do’a. Kemudian makan bersama tumpeng yang telah diarak.

Antusias Masyarakat sangat terlihat sekali dalam mengikuti kegiatan dalam rangka mensyukuri apa yang telah diberikan Allah swt melalui leluhur yang telah meninggal kan. Seperti dalam acara pengajian yang juga dihadiri wakil ketua DPRD Bapak Andri Wahyudi, masyarakat sekitarnya juga memenuhi area acara. Dan Nanti malam acara wayang kulit serta do’a, Bapak Andri Wahyudi yg dikenal dengan panggilan AW direncakan hadir juga tambah Husen. Kami masyarakat mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut meramaikan acara sedekah Bumi ini tutur Husen…izz

banner 300250