Satu PDP Dari Kecamatan Balen Dapat Perawatan Intensif Di RSUD Bojonegoro

banner 300250

banner 300250

Bojonegoro, harianmerdekapost.com – Penyebaran Virus Corona ( Covid-19 ) di Kabupaten Bojonegoro yang sebelumnya hijau kini berubah kuning menyusul ditemukannya pasien dalam pantauan (PDP) di Kecamatan Balen. Jumat 27/03/2020.

Menurut Kepala Seksi Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Bojonegoro dr. Wheny, penyebaran Covid – 19 terjadi peningkatan seiring dengan adanya ada satu warga dari Kecamatan Balen yang PDP.

“Pasien ini sudah kami lakukan isolasi di RSUD Sosrodoro Djatikusumo untuk mendapatkan penanganan Intensif dan khusus,”kata dr Wheny,

Dijelaskan warga PDP ini sebelumnya sempat bertemu dan berkumpul dengan keluarganya, sehingga pihaknya juga langsung melakukan tindakan isolasi mandiri terhadap keluarganya didalam rumah mereka masing masing.

“Semua anggota keluarga dan orang yang sempat kontak dengan PDP ini kami lakukan isolasi ketat di rumah masing masing,” tandasnya.

Sementara itu dari data yang ada menyebutkan hingga Jumat (27/3/2020) pukul 15.00 WIB jumlah PDP di Kabupaten Bojonegoro sejumlah 1 orang warga dari Kecamatan Balen, dan ODP (Orang dalam Pantuan) mencapai 40 orang yang tersebar dibeberapa kecamatan.

Untuk mencegah penyebaran Covid – 19 Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan dan juga instansi lain termasuk dari Polres dan Kodim 0813 masih gencar lakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu Tim yang tergabung dalam Gugus Tugas Tingkat Kabupaten ini juga melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum serta melakukan tindakan tegas terhadap warga yang masih berkerumun.

Bahkan untuk meminimalisir penyebaran Virus Corona atau Covid 19 sejumlah acara kumpul kumpul, hajatan dan resepsi pernikahan pun dibubarkan.

Salah satunya acara resepsi pernikahan di Desa Ngraseh Kecamatan Dander, Jum’at, ( 27/03/2020) pagi.

Kapolsek Dander, AKP Mashadi, SH mengungkapkan pihaknya mendapatkan laporan adanya kerumunan berupa acara pesta resepsi pernikahan warga di rumah Rahmat warga Desa Ngraseh Kecamatan Dander, Bojonegoro, kemudian Muspika Dander bersama Team Gugus penanganan Virus Corona atau Covid – 19 mendatangi lokasi tersebut.

“Alhamdulilah setelah kami jelaskan mau membubarkan diri,” ujar Kapolsek Dander AKP Mashadi.

Pihaknya bersama Forkompimcam terus memberikan himbauan persuasif kepada tuan rumah yang punya hajat resepsi pernikahan termasuk kepada para tamu undangan terkait penerapan Sosial Distancing secara maksimal.

“Kita sampaikan untuk sementara waktu tidak usah berjabat tangan,” tegasnya. (Jurnalis abq n team )

banner 300250