oleh

Saat Rises I Dengan Masyarakat: Anggota DPRA dr Purnama Setia Budi, Kunjungi Pabrik Bata BUMG Gampong Juli Tgk Dilampoh

Harianmerdekapost.com Aceh, Bireuen- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) dr Purnama Setia Budi, Sp.OG, melaksanakan reses I Tahun 2021 di Gampong Juli Tgk Dilampoh, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Sabtu (3-04/2021).

Pertemuan Rises dengan masyarakat Dapil Bireuen dan juga bersilaturrahim pada kesempatan tersebut oleh dr Purnama Setia Budi sambil berdiskusi dengan menampung berbagai aspirasi warga.

Dirinya juga turut meninjau dan melihat langsung proses pembuatan bata ringan dari milik Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Pulo Keumiro di Desa setempat.

Kepada media ini, Anggota DPR Aceh Fraksi PKS Purnama Setia Budi menyebutkan, bahwa agendanya turun ke Daerah Pemilihan (Dapil) III (Bireuen) ini, bertujuan agar bisa menampung aspirasi rakyat yang telah diwakilinya.

“Sehingga nantinya, setial usulan-usulan dari masyarakat akan coba kita sampaikan kembali dalam musrembang kecamatan dan musrembang kabupaten serta usulan itu akan kita teruskan melalui melalui usulan pokok pikiran di DPRA bila itu menjadi skala kewenangan Pemerintah Aceh,” ujarnya.

Pada saat reses ini, telah banyak aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Purnama Setia Budi. Diantarannya mereka masyarakat telah mengusulkan permohonan bantuan sejumlah peralatan untuk pembuatan bata ringan dan pengembangan tingkat produksinya kedepan.

Selanjutnya anggota DPR Aceh Dapil Bireuen ini Purnama Setia Budi, sebelumnya telah jauh-jauh hari ia telah berdiskusi dengan tokoh masyarakat baik para mukim, keuchik dan Direktur BUMG Pulo Keuniro, menyangkut potensi gampong tersebut untuk dikembangkan yaitu pembuatan Bata Ringan. Dirinya juga mengaku, sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh, Azhari, SE, M.Si beserta timnya.

Maka karena itu, dr Purnama Setia Budi bersama rombongan tim resesnya turun kesini datang untuknmelihat langsung proses dasar pembuatannya. Ternyata bata ringan ini sebagai bahan baku pembuatan gedung dan rumah permanen, sangat berkualitas dan luar biasa hasil produksinya. Sehingga keberadaannya pun sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan pasar, meski pembuatannya masih secara tradisional dan manual.

Apalagi, bata ringan tersebut sudah diuji lab di Unsyiah, telah mendapatkan hasil dan pengakuan yang maksimal para pemeriksa di kualitas bara. Sehingga produk yang memiliki kualitas bisa dipergunakan untuk material pembangunan rumah dan bangunan lainnya dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

“ Tentu untuk itu, perlu inovatif bata ringan ini kita masukkan dalam reses. Sehingga kedepan kita upayakan bisa lebih berkembang lagi”. terangnya dr Purnama ini

Insya Allah kedepanya bisa kita bantu program bantuan peralatan atau mesin lainnya yang memenuhi standar produksi. Dengan harapan, produk yang dihasilkan akan lebih bagus dan berkualitas serta diminati oleh pasar,” sebunya dr Purnama Setia Budi

Setelah ia juga sangat berharap, agara potensi potensi yang ada di gampong-gampong lain yang ada di Dapil III Bireuen, bisa terus dikembangkan untuk meningkat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dirinya juga akan terus berusaha untuk membantu pemberian peralatan yang dibutuhkan oleh masyarakat di Desa ini.

“Melalui kegiatan reses ini ditengah masyarakat, maka kita kedepan akan ikut sertakan tim Monitoring dan Evaluasi (monev) dari Undip, untuk melihat sejumlah potensi yang ada di Gampong/Desa seluruh Kabupaten Bireuen,” ujar Purnama.

Sementara itu ia juga mengaku, sudah mencoba berkomunikasi bersama Pemerintah Aceh melalui DPMG Aceh akan menampung segala aspirasi oleh pihaknya, sehingga bisa bekerja sama dengan tim tersebut. Tim monev itu nantinya akan mendampingi Gampong/Desa yang memiliki sejumlah potensi di Kabupaten Bireuen’. katanya

Pada saat acara pertemuan Rises itu, turut hadir antara lain Imum Kemukiman Juli Barat, Keuchik dan perangkat Gampong/Desa, Imum Meunasah, Unsur Tuha Peut, Tuha Lapan, unsur kesehatan Gamlong, Pengurus BUMG Pulo Keumiro, serta unsur kepemudaan, PKK dan berbagai perwakilan elemen masyarakat Gampong setempat.(Iqbal)

WhatsApp Image 2021-04-14 at 21.24.10
iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

News Feed