oleh

Rumah Aspirasi Banyuwangi Serahkan Berkas Pengaduan Dugaan Kegiatan Ilegal Mining Galian C

Banyuwangi,harianmerdekapost.com – Rumah Aspirasi Banyuwangi (RAB) yang merupakan wadah dari sejumlah Media, Lembaga dan Aktivis Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, hari ini secara resmi menyerahkan berkas laporan dugaan kegiatan Pertambangan Ilegal ke Mapolresta Banyuwangi, Kamis (01/10/2020).

Agus M. Saputra, Ketua RAB sekaligus Ketua Laskar Nusantara BPC. Banyuwangi menyatakan, dengan banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan atas kegiatan pertambangan tak berizin (ILEGAL MINING) itu, sebagai fungsi kontrol pihaknya berharap ada Penegakan Hukum dengan menjerat para Pelaku Usaha Pertambangan yang diduga telah merusak lingkungan yang diatur atau sesuai dengan Undang-Undang.

“Sebagai fungsi kontrol, kami sangat berharap penegakan hukum atas dampak negatif yang disebabkan atas kegiatan pertambangan yang diduga ilegal, karena menurut kami efek dari praktik tersebut berdampak langsung terhadap kelestarian lingkungan,” Terang Agus.

Saat di konfirmasi tentang jumlah dan tempat pertambangan mana yang dilaporkan, Agus belum berkenan memberikan jawaban dengan tegas.

“Ya nanti lah, yang jelas berkas laporan yang sudah kami serahkan melalui Pak Agus selaku Sekpri Kapolresta Banyuwangi sudah sangat lengkap, termasuk nama pemilik, foto, video dan titik koordinat,” Kelit Agus M. Saputra, yang juga Ketua BPC Laskar Nusantara Banyuwangi tersebut.

Perlu diketahui, RAB merupakan wadah aspirasi bagi sejumlah Media, Lembaga dan Aktivis yang berada di wilayah Banyuwangi, diantaranya Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) serta Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) juga berada di dalamnya

Sementara Ketua DPD JPKP ( Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ) Banyuwangi juga memberikan keterangannya.

“Saya Andrianto selaku Ketua DPD JPKP ( Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ) Banyuwangi pada hari ini, tanggal 1 Oktober 2020, pukul 12.05 WIB bersama Lembaga Pengawasan-Kebijakan Pemerintahan dan Keadilan Komcab Banyuwangi dan Laskar Nusantara BPC Banyuwangi mengawal dan mendampingi penyerahan Surat Pelaporan atas dugaan para pengusaha Galian C ke Kapolresta Banyuwangi dan diterima langsung oleh Sekprinya Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman AS, yakni Pak Agus agar ditindaklanjuti atas pelaporan tersebut untuk kemajuan Banyuwangi kedepannya,” Terang Andrianto di luar Gedung Mapolresta Banyuwangi.

(AGUS)

Untitled-1
Untitled-1
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59 (1)
WhatsApp Image 2020-10-13 at 14.18.12
WhatsApp Image 2020-09-30 at 06.08.24
WhatsApp Image 2020-09-28 at 08.08.0

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed