oleh

Ribuan Nama Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkades Masalima Overload, Masyarakat Mendesak Camat Untuk Tegas

Harianmerdekapost.com, Sumenep madura, Jatim – Forum komunikasi Masyrakat Masalembu (FKM) Mendatangi Kantor Kecamatan Masalembu. Rabu (9/6/2021)

Kedatangan perwakilan masyarakat yang tergabung dalam FKM prihal permintaan pendataan ulang yang sebelumnya ditemukan daftar pemilih sementara (DPS) diduga fiktif.

Jailani selaku Koordinator FKM, menyampaikan bahwa Panitia Pelaksana PILKADES Masalima enggan untuk memenuhi permintaan masyarakat agar segera melakukan pendataan ulang. Selain itu, menurut Jailani, ada dua alasan utama mengapa Panitia Pelaksana PILKADES Masalima perlu mendata ulang, ungkap melalui Presrilis yang diterima wartawan harianmerdekapost.com

Alasan yang pertama adalah banyaknya nama-nama fiktif yang mencapai ribuan dalam DPS sebagaiman telah disampaikan ke Pihak Kecamatan, BPD Masalima, dan Panitia Pelaksana PILKADES pada dua hari sebelumnya.

Kemudian yang kedua karena DPS yang sudah diterbitkan oleh Panitia Pelaksana PILKADES Masalima memiliki kecacatan serius, baik secara administratif maupun secara hukum.

Pasalnya, nama Ketua Panitia Pelaksana PILKADES Masalima yang tertera dalam DPS dan Bukti Pendataan yang sebagian telah diedar ke Masyarakat adalah SAIFULLAH MADA, sedangkan pada surat edaran yang lain seperti surat edaran panitia mengenai hasil verifikasi dan penelitian berkas Bakal Calon Kepala Desa adalah SAIFULLAH. Dan setelah ditelusuri oleh kami, yang benar adalah SAIFULLAH bukan SAIFULLAH MADA. “Dengan kata lain, nama ketua panitia yang tertera dalam DPS dan Bukti Pendaatan tidak memilik subjek hukum dimana menunjuk pada figur yang jelas.” Tambahnya

“Jika dibiarkan dan tidak segera disikapi oleh pihak-pihak terkait yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan PILKADES, maka dapat disimpulkan bahwa mereka dengan sengaja membiarkan adanya potensi kecurangan dalam pelaksanaan PILKADES. Sebab, kevalidan daftar pemilih merupakan penentu utama keberhasilan penyelenggaran demokrasi sehingga kontestasi politik berjalan maksimal tampa keberpihakan.” Tegasnya lagi

Dibagian terpisah camat masalembu Heru Cahyono, dalam surat tertulis yang di terima rekan media,
Pihaknya akan menindak lanjuti permintaan masyarakat terkait permintaan pendataan ulang atau pemutakhiran data di tingkat kabupaten dan akan memohon petunjuk kepada kepala Dinas PMD Sumenep. (Andi)

banner 300250

IMG-20210616-WA0011 (1)

News Feed