oleh

Resmikan Madrasah Ranting Sidogiri, KH Aminullah Hadir Ke Pondok Pesantren Almaliki

Lumajang Jawa Timur, harianmerdekapost.com – Sukodono, Ketua 1 Pondok Pesantren Sidogiri meresmikan Madrasah Miftahul Ulum (MMU) Ibtidaiyah Ranting Sidogiri Pondok Pesantren Al-Maliki di Masjid Almaliki duren Dawuhan Lor Sukodono, Kamis (05/11/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua 1 pondok pesantren Sidogiri KH. Aminullah baaqir, kepala Madrasah Ibtidaiyah Sidogiri ustad Muntahal Hadi, wakil 1 Madrasah mas fais, guru sepuh Madrasah Ibtidaiyah ustad Yasin, Alumni dan wali santri pondok pesantren Al-Maliki.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Maliki Gus Taufik Malik S.Pd. menuturkan Bahwa sudah berjalan dua tahun yang meranting ke pondok pesantren Sidogiri, bahkan ada yang yang sampai lima tahun tidak diresmikan oleh pondok pesantren Sidogiri.

Foto : Ceramah pada saat peresmian Madrasah Miftahul Ulum

“Kalau masalah proses menjadi ranting saya sudah berjalan 2 tahun, dan ditahun kedua ini Madrasah Ibtidaiyah Al-Maliki ini dipercaya untuk diresmikan menjadi ranting pondok pesantren Sidogiri” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa syarat menjadi ranting itu ada banyak salah satunya dinilai dari hasil rata-rata ujian semester, loyalitas tinggi untuk selalu mengikuti kurikulum Pondok Pesantren Sidogiri.

“Nilai rata rata minimal hasil rata-rata 60, dan mau tunduk kepada ketetapan, peraturan sesuai kurikulum pondok pesantren Sidogiri” imbuh kepala madrasah almaliki tersebut.

Foto : Kegiatan peresmian Madrasah Miftahul Ulum (MML)

Ia melanjutkan bahwa ranting itu dibedakan menjadi dua ada ranting tipe A untuk wilayah Pasuruan, dan ada ranting tipe B untuk wilayah Jawa timur dan Madura.

“Ranting A ini ada sekitar 80 yang sudah diresmikan, dan untuk ranting B ada sekitar 80 ranting namun yang belum diresmikan ada 19 ranting, menurut data statistik Almaliki ini menjadi Madrasah Miftahul Ulum Ibtidaiyah B 62 ranting Sidogiri” lanjutnya.

Sedikit menceritakan Gus Taufik bahwa dalam madrasah ranting ini nama murid itu masuk kepada data madrasah induk Sidogiri, karna murid tersebut adalah murid Sidogiri yang dititipkan kapada ranting.

“Karna setiap absen, pelajaran dan laporannya setiap bulan serba seperti pondok pesantren Sidogiri” paparnya.

Ia berharap dengan diresmikannya Madrasah ranting ini Pondok Almaliki berubah murid maupun guru dari sisi pola pendidikan Agama, akhlak dan menjadi pondok yang barokah dengan selalu mencari ridho guru, dan mendapat doa dari masyaikh Sidogiri.

(AN)

WhatsApp Image 2020-11-27 at 21.23.40
WhatsApp Image 2020-11-24 at 22.31.54
WhatsApp Image 2020-11-19 at 15.25.59
WhatsApp Image 2020-11-08 at 17.20.03

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed