oleh

Rangkaian Perayaan Paskah, Polres Lumajang Kembali Amankan Misa Sabtu Suci di Sejumlah Gereja

Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang – Personel Polres Lumajang Polda Jatim terus melakukan sterilisasi di sejumlah Gereja di kabupaten Lumajang yang melaksanakan ibadah Misa Sabtu Suci, salah satunya Gereja Katolik Maria Ratu Damai Jalan Yos Sudarso, Kabupaten Lumajang, Sabtu (3/4/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

Selain personil Polisi pengamanan juga melibatkan TNI dan Satpar Gereja Katolik Maria Ratu Damai.

Sejumlah personel dilengkapi Senpi V2 Sabhara, Metal Detector, Mirror Detector, HT, Rompi Anti Peluru dan senter diterjunkan untuk area gereja baik dihalaman maupun di dalam tempat ibadah.

Dengan teliti petugas memeriksa seluruh sudut bangunan, baik di dalam maupun di luar ruangan gereja. Penyisiran dilakukan mulai dari halaman depan, pintu masuk, hingga seluruh sudut ruangan gereja.

Selain itu anjing K-9 dikerahkan dalam sterilisasi gereja.

Bripka Fajar Nur Ilhamsyah sebagai personel yang membawa anjing pelacak K-9 menyisir setiap sudut dari dalam maupun luar gedung gereja.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno melalui Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta, kegiatan pengamanan di gereja ini terus dilakukan oleh personel Polres Lumajang hingga pelaksanaan hari raya paskah selesai

“Harapannya ibadah perayaan Paskah di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya berjalan lancar dan kondusif,” ujar Shinta.

Menurut dia, sterilisasi juga dilakukan untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang hendak melakukan ibadah. Sekaligus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, di antaranya terkait aksi teror.

Karena kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap semua kegiatan keagamaan dan sebagai bagian dari pelayanan masyarakat yang memerlukan kehadiran Anggota Polri.

“Selama pengamanan di gereja berlangsung aman dan kondusif,” imbuh Shinta.

Pihaknya sekaligus menyampaikan himbauan kamtibmas dan tetap mematuhi protokol kesehatan kepada para Jemaat dan Pengurus Gereja.

“Kami menghimbau selama kegiatan berlangsung untuk tetap mematuhi prokes yakni memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” himbau Ipda Andrias Shinta

Adapun rangkaian Hari Raya Paskah 2021 yang dirayakan oleh umat Kristiani Katolik telah dimulai sejak hari Minggu (28/3) dengan Liturgi Minggu Palma. Setelah itu dilanjutkan dengan Liturgi Kamis Putih (1/4), Jumat Agung (2/4), Sabtu Suci (3/4), dan Minggu (4/4) Hari Raya Paskah. (fjr.)

iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

News Feed