PTSL – SERTIPIKAT MASSAL UNTUK RAKYAT

banner 300250

banner 300250


Mojokerto , harianmerdekapost , com Desa Kuripansari Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto , merupakan salah satu desa yang ikut melaksanakan Program PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) . Program Strategis Nasional yang di canangkan oleh pemerintah pusat yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum atas hak tanah yang di miliki . (13/03/2020)


Program PTSL di sebutkan , selain akan mempersempit polemik sengketa lahan , lalu ketika warga sudah mengantongi sertipikat akan mendorong laju ekonomi masyarakat itu sendiri .

Pengurusan sertipikat tanah melalui PTSL ini sangat mudah dan cepat . Melalui program ini juga dapat mengatasi keluhan warga yang dulunya pengurusan sertipikat di lakukan atas inisiatif sendiri dari masyarakat kini di lakukan dengan sistematis .
Memiliki sertipikat adalah sebuah keharusan bagi setiap pemilik lahan . Dengan surat satu ini masyarakat akan terhindar dari sengketa tanah yang bisa terjadi di masa depan . Jadi bagi masyarakat yang belum memiliki sertipikat tanah tidak ada alasan untuk menunda – nunda lagi pengurusannya .

Karena antusias warga masyarakat yang berbondong – bondong ingin mendaftarkan tanahnya . Kepala Desa Kuripansari Warijah segera membentuk Panitia PTSL , melalui rapat yang di hadiri Perangkat Desa , Badan Perwakilan Desa , dan Tokoh Masyarakat , dengan hasil kesepakatan menunjuk sebagai Ketua : Mulyadi , Sekertaris : Nanda , Bendahara : Maspodo dan Anggota : 21 orang .
Keantusiasan warga Desa Kuripansari yang meliputi Dusun Sumbergayam , Dusun Warubinatur, Dusun Kandangan , Dusun Panjunan , Dusun Uripan dan Dusun Kedung peluk di sambut baik oleh pemerintah desa . Data pemohon yang sudah masuk ke panitia ptsl sampai saat ini sebanyak kurang lebih 1000 bidang .

Kepala Desa Kuripansari Warijah dan Ketua PTSL Mulyadi sangat berterimakasih kepada pemerintah dan berharap Program PTSL di desanya berjalan kondusif dan lancar sampai selesai .Editor red ( jurnalisSuroso )