oleh

PTSL SANGAT BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT

-Berita, Pemerintah-111 Dilihat
banner 300250

banner 300250


Mojokerto , harianmerdekapost , com Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) di beberapa daerah kini mulai di canangkan . Ini bertujuan agar tanah yang mereka miliki mendapat perlindungan hukum dan menghindari terjadinya penipuan dan perselisihan dalam pemanfaatan tanah . PTSL juga merupakan solusi pendaftaran tanah yang lebih efektif dan efisien , sekaligus sebagai sarana peningkatan kualitas data pendaftaran tanah di Indonesia .(4/03/2020)

Memiliki sertipikat tanah adalah sebuah keharusan bagi setiap pemilik lahan . Karena dengan sertipikat tanah masyarakat bisa memiliki kejelasan status hukum dan terhindar dari sengketa tanah . Sertipikat tanah selama ini di nilai masyarakat sulit dan lama untuk mendapatkannya . Kini melalui program PTSL pengurusan sertipikat tanah sangat mudah dan cepat .

Kepala Desa Talun Kecamatan Dawar Blandong Kabupaten Mojokerto Anton Suprapto menghimbau agar warganya mengikuti program ini . Desa Talun juga pernah dapat jatah PRONA dari pemerintah . Kepala Desa Anton Suprapto telah mengambil langkah bijak dengan memilih Panitia PTSL yang cerdas dan energik melalui musyawarah mufakat dengan struktur panitia :
Ketua : Sudarman ,
Sekertaris : Ridwan , Bendahara : Endang ,
Anggota : 16 orang .

Dari empat dusun di Desa Talun yakni Dusun Talun Brak Dusun Setoyo Dusun Sepat dan Dusun Talun Blandong sudah banyak yang mendaftar kurang lebih sebanyak 800 bidang dari jumlah penduduk yang terdaftar di DPT ( Daftar Pemilih Tetap ) sebanyak kurang lebih 1700 jiwa .
Warga sangat terbantu dengan adanya program PTSL ini karena proses pengurusannya mudah dan cepat .

Kepala Desa Talun Anton Suprapto dan Ketua PTSL Sudarman beserta anggota PTSL sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah mencanangkan program PTSL ini .


Menurut salah satu panitia yang kami temui menuturkan :
” Kami akan semaksimal mungkin mengerjakan PTSL ini , karena program ini sangat membantu warga tentang hak tanah mereka secara sah dan Alhamdulillah proses pemberkasan berjalan lancar karena pihak perangkat desa banyak membantu perlengkapan berkas . Semoga sampai selesai program ini berjalan lancar .” ( Suroso )