PTSL – PROGRAM STRATEGIS PRESIDEN

banner 300250


Jombang , harianmerdekapost , com Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional ( ATR / BPN ) menargetkan 12 juta bidang tanah di seluruh wilayah Indonesia dapat tersertifikasi melalui PTSL ( Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) .
Hal ini agar masyarakat dapat kekuatan dan legalitas tempat tinggal yang layak dengan memiliki sertipikat tanah . Selain itu program PTSL juga merupakan upaya dari pemerintah pusat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat .

Kelengkapan bukti kepemilikan adalah syarat utamanya di mulai proses sertifikasi tanah .
Adapun proses lainnya melakukan pengukuran dan pemetaan luas , bentuk dan letak bidang tanah . Pengumpulan bukti kepemilikan atau penguasaan bidang tanah yang di miliki masyarakat , pengumuman , kemudian proses penegasan hak sekaligus pemberian hak atas tanah negara dalam buku tanah , setelah itu barulah penerbitan sertipikat tanah .

banner 300250

banner 300250

Kepala Desa Alang-alang Caruban Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang Zuniati menganjurkan warga masyarakatnya untuk mendaftarkan atau membuat sertipikat tanah melalui program PTSL ini . PTSL juga merupakan solusi pendaftaran tanah yang lebih efektif dan efisien , sekaligus sebagai sarana peningkatan kualitas data pendaftaran tanah di Indonesia .(10/03/2020)


Melalui forum rapat panitia PTSL di Desa Alang-alang Caruban di bentuk dan di putuskan sebagai Ketua : Saifulloh , Sekertaris : Miftakhul Ainia , Bendahara : Nanik Budi Rahayu dan Anggota : 15 orang .


Empat dusun di Desa Alang-alang Caruban yakni Dusun Pengalangan , Dusun Caruban , Dusun Karang Rejo dan Dusun Karan Pon warga masyarakat berbondong – bondong mendaftarkan bidang tanahnya ke Panitia PTSL . Sampai saat ini data yang sudah masuk ke panitia PTSL sebanyak kurang lebih 1600 bidang dari pengajuan ke BPN Jombang sebanyak 2000 bidang . Ketua PTSL Desa Alang-alang Caruban juga menargetkan 2268 bidang tanah warga masyarakat nya akan bersertipikat .

Kepala Desa Alang-alang Caruban dan Ketua PTSL beserta anggota ptsl serta warga masyarakat mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah karena dengan adanya Program PTSL ini pengurusan sertipikat tanah menjadi lebih mudah dan cepat .Editor red ( jurnalis Suroso )

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed