oleh

PTSL 2020 DESA MLARAS KECAMATAN SUMOBITO

banner 300250

Jombang , harianmerdeka post , com l
Berbagai upaya percepatan terus di lakukan oleh kementerian Agraria dan Tata Ruang ( ATR ) / Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) untuk menyukseskan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) .
Salah satu upaya tersebut dengan cara mengadopsi penggunaan alat ukur Global avigation Satelite System Real – Time Kinematic ( GNSS RTK ) . Kepastian letak dan batas dengan ketelitian dan keakuratan yang tinggi serta real – time , dapat di capai dengan pengguna alat ukur tersebut . Sehingga pengukuran dan penggolahan data bidang tanah dapat lebih cepat di lakukan .

Alur dan Proses kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) dalam rangka pelaksanaan program pemerintah yaitu Sertipikat Tanah Untuk Rakyat . Seperti halnya Program PTSL di Kabupaten Jombang ini , di laksanakan serentak di beberapa daerah .
Program PTSL ini merupakan salah satu program untuk mendorong kesejahteraan ekonomi yang di gencarkan Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) . Melalui program ini juga masyarakat dapat memiliki sertipikat tanah sebagai bukti kepemilikan tanah yang sah .
Presiden Joko Widodo memperingatkan para pejabat Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) , agar proses pengurusan sertipikat tanah di buat lebih sederhana , mudah dan cepat .(25/03/2020)

Dalam Program PTSL ini Kepala Desa Mlaras M Ikrom Bahrudin , segera mengambil langkah bijak dengan membentuk Panitia PTSL . Pembentukan panitia PTSL di Desa Mlaras di gelar di Balai Desa Mlaras Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang .
Dengan di hadiri para perangkat desa , tokoh masyarakat dan pemuda telah menunjuk sebagai Ketua PTSL : Syaiful , Sekretaris : Cahyadi , Bendahara : Sulaiman dan Anggota sebanyak 7 orang .
Desa Mlaras cukup luas , meliputi empat dusun yaitu Dusun Mlaras , Dusun Gandu , Dusun Modo dan Dusun Kaliwungu .
Sampai hari ini data yang sudah masuk ke Panitia PTSL kurang lebih 490 bidang dari jatah kuota BPN Jombang sebanyak kurang lebih 1765 bidang .

Dengan adanya Program PTSL ini Kepala Desa M Ikrom Bahrudin , Sekretaris Desa Edi Supriadi dan Ketua PTSL Syaiful beserta Anggota PTSL Desa Mlaras sangat berterimakasih kepada pemerintah .
“Program ini sangat berguna bagi warga kami , karena prosesnya mudah dan cepat . Dan dengan adanya Program PTSL ini , warga kami bisa memiliki sertipikat tanah , sehingga tanahnya menjadi sah dan legal . ” tutur Kepala Desa Mlaras M Ikrom Bahrudin kepada wartawan . Efitor red

( Jurnalis Efen )

banner 300250