Proyek Siluman Tanpa Papan Keterangan Berbau KKN

banner 300250

LUMAJANG, harianmerdekapost.com – Penggarapan proyek pembangunan berupa drainase dan plengsengan atauTembok Penahan Tanah (TPT), tepatnya diarea sepanjang tepi jalan Desa kearah tempat wisata alam air terjun Tumpak Sewu (Panorama), yang terletak di Dusun Krajan Desa.Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, menjadi pertanyaan warga setempat. Pasalnya proses dari penggarapan proyek tersebut kesannya secara tiba-tiba, bahkan adanya proyek yang saat ini menjadi guncingan warga sekitar sebelumnya juga tidak ada pemberitahuan.

banner 300250

banner 300250

“Sesudahnya kami melaksanakan kegiatan Sterilisasi bersama Pemerintahan Desa dan Forkopimca Pronojiwo, dengan hasil kesepakatan untuk menutup sementara waktu tempat wisata tumpak sewu. Akan tetapi selang beberapa hari dari kegiatan Sterilisasi tanpa sengaja saya melihat ada tumpukan material berupa pasir dan batu juga semen disekitaran lokasi, katanya sih ada pengerjaan proyek dari PU,”Terang salah satu warga yang enggan namanya termuat di media. Minggu (29/3/2020).

Menindak lanjuti rasa keingin tahuan warga sekitar tantang kejelasan dan kebenaran asal proyek tak di sertai papan nama tersebut, beberapa awak media pun menghampiri para pekerja ditempat lokasi dengan tujuan menanyakan status proyek, akan tetapi saat ditanya para pekerja yang terkait, enggan memberi komentar seakan pada bungkam semua, bahkan ditanya soal pelaksana asal perusahaan tersebut konstruksi mana, juga seakan tidak tahu menahu.

“Saya tidak tahu pak, ini proyek apa, yang pasti saya dari Lumajang kesini itu bekerja mengharapkan upah, dan pemborongnya juga lupa siapa namanya,”Ujarnya.

Ditempat yang terpisah Paiman, selaku Kepala Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, mengatakan, bahwa pihaknya tidak tahu menahu dengan adanya proyek penggarapan Drainase dan TPT tersebut, hanya saja yang diketahuinya proyek yang sedang proses penggarapan dimaksud tak lain dari DPUTR Lumajang.

“Saya tidak tahu itu proyek apa, dana anggarannya juga dari mana saya tidak tau, namun sempat ada yang mengatakan proyek itu dari PU Lumajang,”Jelasnya.

Selain itu Paiman juga mengatakan, bahwa proyek tanpa papan nama yang sedang proses penggarapan dijalan desa tersebut milik saudara atau kakaknya Bupati Lumajang, yaitu Indah Amperawati.

“Katanya proyek itu milik kakaknya Bunda Indah,”tegas Paiman Kades Sidomulyo.

Sementara itu menurut suja’i, sebagai Kepala Dusun (Kasun) Desa. Sidomulyo Krajan, mengatakan, bahwa proyek yang baru digarap tersebut dari DPUTR Lumajang, dan untuk lebih jelasnya lagi dirinya mengaku tidak tahu.

“Itu proyek dari PU, untuk yang lain-lainnya saya coba mencari tahu dulu ya,”Papar Suja’i sebagai Kasun Desa. Sidomulyo Krajan tersebut.

memastikan benar dan tidaknya, bahwa proyek pembangunan drainase dan plengsengan atau Tembok Penahan Tanah (TPT), tersebut dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pemkab Lumajang, awak media sudah mencoba melakukan konfirmasi terhadap Kepala DPUTR, Drs. Karna Suswandi, melalui Handpone miliknya dua kali namun tidak ada respon,”Pungkasnya (fjr)

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed