Program Sosial ‘Ngeramut Tonggo’ Terhambat Data Penerima.

banner 300250

Lumajang, harianmerdekapost.com – Program ‘Ngeramut Tonggo’ di Launching Bupati Lumajang di Gor Wirabhakti pada senin (6/04/2020) dalam rangka meringankan beban warga masyarakat terdampak PSBB akibat maraknya pandemi Covid 19 di Lumajang tidak didukung dengan kesiapan data penerima bantuan yang tersedia dengan cepat.

Keadaan ini menjadikan polemik diantara para anggota komunitas relawan Lumajang yang tergabung dalam relawan SERANGGA (Sedekah Beras Ngeramut Tetangga) beranggotakan gabungan dari beberapa komunitas.

banner 300250

banner 300250

Selasa malam (7/04/2020) komunitas serangga berkumpul untuk membahas polemik ini, karena banyak dari anggota komunitas mempertanyakan dan menganggap lambatnya data penerima yang dijanjikan pemerintah melalui BPBD Kabupaten Lumajang tak kunjung ada serta melihat kondisi kebutuhan akan bahan pokok beras yang semakin mendesak di masyarakat sebagai akibat pandemi covid 19.

Pihak BPBD Kabupaten Lumajang, ketika dihubungi via telepon saat acara rapat koordinasi di markas relawan serangga tidak dapat memberikan kepastian adanya data tersebut bisa segera dibagikan.

“Data dari pemerintah untuk penerima bantuan masih dalan proses dan sampai saat ini belum bisa dibagikan” ungkapnya.

Dengan ketidakpastian turunnya data yang dijanjikan pemerintah tersebut, banyak anggota rapat mengusulkan beberapa keputusan diantaranya, segera mendistribusikan secara mandiri bahan pokok beras yang sudah dihimpun sesuai dengan data masing masing komunitas, sambil menunggu data dari pemerintah daerah.

Seperti pertanyaan dan usulan salah satu anggota relawan ‘serangga’ yang turut hadir dalam rapat koordinasi malam ini, Abdul Rokhim menyampaikan.

“Kita ini bentukan permerintah apa murni relawan, jika kita ini bentukan pemerintah daerah ya kita tunggu saja datanya dari pemerintah”, ungkap Abdul Rokhim.

” Tetapi kalau murni relawan, tidak ada salahnya kita mendahului untuk bergerak sambil menunggu data dari pemerintah daerah dengan membagikan secara mandiri bahan bantuan yang sudah masuk dan terkumpul melalu posko ini” pungkasnya. (fjr)

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed