Program Rakerda BKKBN, Banggakencana 2020

banner 300250

banner 300250

Surabaya,harianmerdekapost.com – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program BANGGAKENCANA Tahun 2020 dengan Tema, “Banggakencana dalam Era Millenial untuk Jawa Timur Maju, Sejahtera dan Berkeadilan” di Hotel Bumi jalan Basuki Rahmat Surabaya.

Acara Rakerda yang digelar tanggal 2-3 Maret 2020 yang dibuka oleh Inspektur Utama BKKBN Drs. Agus Sukiswo, Ak., M.M., diawali dengan menyanyikan Iagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan menyanyikan Mars KB, serta disuguhi dengan tarian Selamat Datang “Tari Joget Surabaya.”

Tampak hadir dalam Rakerda, antara lain, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., Aster Kolonel Singgih, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur dr Herlin Ferliana, Perwakilan Ketua penggerak PKK Jatim, Direktur RSUD Dr Soetomo, Dr.Joni Wahyuhadi, dr., Sp.BS (K)., perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Karyanto, OPD KB se Jatim, Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur.

Dalam Rakerda BKKBN provinsi Jawa Timur, ada beberapa acara yang digelar, yakni dilaunchingnya “Command Centre Banggakencana Jawa Timur,” sebagai pusat pengendalian program Banggakencana untuk meningkatkan pelayanan BKKBN di Jawa Timur, pengukuhan pengurus DPD IPeKB Indonesia Provinsi Jatim, serta penandatanganan MoU perwakilan BKKBN Provinsi Jatim dengan Institut llmu Kesehatan Wiyata Kediri, STAI Nadzatut Thulab Sampang, STEI Walisongo Sampang, Universitas Muhammadiyah Gresik, Fakultas Saintek, UIN Sunan Ampel Surabaya, serta Universitas Merdeka Surabaya. Dan terbentuknya wartawan KB yang mendukung program BKKBN.

Acara Rakerda yang bertujuan Meningkatkan IPM Jatim melalui Sinergitas Program Pembangunan Keluarga, di isi juga dengan acara Penyerahan Bantuan KKN Tematik Banggakencana, dilakukan Pernyataan Komitmen Penerapan Program Pengendalian Gratifikasi yang dibacakan kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur dan, penyerahan buku profil Kampung KB.

Di kesempatan ini, Kepala BKKBN Jatim dalam sambutan pertanggungjawaban panitia Rakerda menjelaskan arah dan kebijakan program Banggakencana 2020, dan peran PKK dalam mewujudkan keluarga berkualitas di Jatim, serta penerapan fungsi keluarga terhadap perilaku beresiko remaja milenial.

Dalam sesi materi, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., menjelaskan 10 (sepuluh) kegiatan strategis Banggakencana Provinsi Jawa Timur 2020.

“Yang pertama adalah Pendataan Keluarga (PK 2020). Kedua Sosialisasi Bangga Kencana bersama Mitra (Komisi IX) di 46 titik dan, ketiga adalah Optimalisasi rumah data kependudukan di kampung KB, keempat pemenuhan ketersediaan alokon di faskes (pengadaan alokon dan penguatan rantai pasok) dan, kelima adalah pemantapan kesertaan ber KB MKJP,” ungkap Teguh sapaan akrab kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Teguh melanjutkan, “Kegiatan strategis yang keenam adalah peningkatan cakupan KB pasca salin. Ketujuh Promosi dan KIE 1000 HPK dengan target 460.671 keluarga untuk penurunan stunting. Kedelapan promosi dan peningkatan akses keluarga Iansia untuk mewujudkan Iansia tangguh. Kesembilan penguatan peran PIK remaja dan BKR dalam edukasi Kespro dan gizi bagi remaja putri sebagai calon ibu yang intinya penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR). Dan yang terakhir adalah Bakti IBI, TNI manunggal KB – Kes, Harganas, KG PKK KB kesehatan,” tutup Teguh (AD1).