Program Pelatihan Menggambar Kolaborasi Rotary Club di HUT RI ke-75

Surabaya, harianmerdekapost.com – Dalam masa Pandemi Covid-19, mempengaruhi dunia pendidikan. Kali ini Rotary Club peduli akan generasi bangsa dengan tema People Of Action. Pelatihan menggambar dan mewarnai, kreatif melalui gambar dan cerita manga atau komik.

Rotary Club Surabaja Darmo berkolaborasi dengan Rotary Club Surabaya Timur, Rotary Club Surabaya West dan Rotary Club Mataram Lombok bersama partner yaitu Rotaract Club Surabaya Darmo Raya, Rotaract Club Surabaya Timur dan Rotaract Club Surabaya West.

“Presiden Rotary Club Surabaya Timur Lanny mengatakan, kami berkolaborasi melaksanakan program mulai tanggal 13,15,17 dan 21 Agustus 2020 di Surabaya, Sidoarjo, Lombok dan Jombang.”

Gambar merupakan media tepat untuk menumbuhkan atau menjadi sumber ide dan imajinasi dalam menulis. Dengan media gambar yang merupakan hasil karya siswa sendiri, jelasnya. (15/08/20)

“Presiden Rotary Club Surabaya West Michael mengatakan, hal ini membangkitkan ide dan imajinasi juga memudahkan siswa untuk menulis kreatif menyampaikan ide dan pesan mereka.”

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 yang bertemakan Indonesia Maju, tuturnya.

“Presiden Rotary Club Surabaja Darmo H. Marlius Kami menyelenggarakan program Pelatihan menggambar dan mewarnai Manga (Komik). Tujuan dari pelatihan ini adalah Melatih kemampuan komunikasi dan bersosial lewat gambar dan cerita. Mendorong dan melatih siswa untuk menyalurkan idenya melalui gambar dan tulisan.”

Diharapkan pelatihan ini yang pesertanya adalah siswa SMP (sederajat) dapat meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia yang penuh semangat kepedulian kepada sesama, berjiwa gotong royong dan selalu mengembangkan imajinasi positif untuk mencapai Indonesia Maju.

“Diana Andalusy Past Presiden Rotary Club Surabaja Darmo juga Ketua Panitya dalam pelatihan menambahkan, mereka akan diajarkan tentang bagaimana cara menulis yang baik dari Tim Katalis (Komunitas Suka Fotografi dan Menulis) dan juga akan diajarkan bagaimana teknik menggambar dan mewarnai Manga (Komik).”

Di akhir pelatihan, para peserta akan diminta menggambar Manga dengan tema People of Action dan menceritakan apa yang digambar itu dengan materi tentang humanity atau kebaikan. Empat karya terbaik dari setiap sesi pelatihan akan diberikan Trophy dari Rotary, katanya.

“Harapannya, nantinya siswa dapat terlatih dalam menemukan masalah, menemukan penyelesaian yang logis serta memberi solusi kreatif melalui gambar dan tulisan.

Pelatihan membuat gambar Manga dan bercerita dengan sumber gambar ini akan menggali daya kreatifitas, menggali kecerdasan spatial meningkatkan kepercayaan diri. Selain pelatihan, juga akan dibagikan 350 godiebag untuk semua peserta pelatihan.”

Peserta diambil dari beberapa sekolah diantaranya SMP Al-Islam Taman Sidoarjo, SMP/MTs Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang dan Siswa dari Sekolah Karya Lotara – Desa Kayangan – Lombok Utara, serta anak-anak dari Dusun Tertinggal Dusun Aik Manis – Desa Gunung Malang – Kecamatan Pringgabaya – Kab Lombok Timur. (AD1)