Program Ketahanan Pangan Yang Telah Di Laksanakan Oleh Pemdes Kepulungan 

banner 300250

Harianmerdekapost.com, Pasuruan Jatim
Dalam rangka menuju bumi Gempol yang penuh manfaat maslahat bagi seluruh masyarakat yang ada di tiap pemerintah desa dari 15 desa yang ada diwilayah kecamatan Gempol, yakni Camat Gempol H Taufichul Ghoni lebih meningkatkan sisi pembinaan yang meliputi :
a. Peningkatan Penarikan pajak pbb.
b. Tertib administrasi pemerintah desa terutama terkait pengespijian (membuat SPJ).
c. Peningkatan pelayanan masyarakat
d. Sosial dan keagamaan.
e. Peningkatan nilai tambah ekonomi yang berbasis lingkungan untuk penguatan ekonomi kerakyatan.

banner 300250

banner 300250

Langkah pembinaan yang telah dilakukan oleh Camat gempol secara kontinyuitas khusus nya program ketahanan pangan yang berdaya guna untuk meningkatkan nilai ekonomi bagi 15 desa yang ada di wilayah kecamatan Gempol .
Dampak dari soliditas yang telah terbangun dengan baik antara Camat dengan pengurus Asosiasi Kepala Desa (AKD) kecamatan Gempol beserta kepala desa lainnya, maka telah menghasilkan beberapa poin positip :
– Telah terjadi satu kompetisi positif antara desa yang satu dan lainnya dalam :
a. Membangun desa, menggali potensi yang ada didesa
b. Berupaya maksimal bahwa ragam pemerintah desa yang telah dilaksanakan semua demi menyajikan yang terbaik buat warga desa yang ada

Sebagaimana contoh, pada hari selasa tanggal 5 maret 2022. Tim media harian merdeka post menemui sekdes Kepulungan M Fachrudin Al Bukhori jam 10.20 wib hingga selesai, dikantornya untuk konfirmasi tentang pelaksanaan ketahanan pangan di desa kepulungan., menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan program ketahanan pangan pemerintah desa kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan ,itu meliputi :
+ Budidaya kambing penggemukan peranakan kambing otawa.
+ Budidaya ikan lele.
+ Bebek petelur.
+ Benih padi berlebel ungu.

Pemerintah desa Kepulungan untuk program ketahanan tahun anggaran 2022 pada semesteran satu ini adalah :
– Budidaya kambing di dusun kabunan sebanyak 15 ekor
– Budidaya kambing di dusun kepulungan 2 sebanyak 20 rekor.
Dan untuk program ketahanan pangan bebek petelur dan benih padi berlebel ungu akan dilaksanakan pada semester 2 , tahun anggaran 2022 karena harus disesuaikan dengan anggaran yang turun.

Dalam pelaksanaan program ketahanan pangan yang di pemerintah desa kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan sudah sesuai regulasi sebagamana yang telah diatur dalam ketentuan peraturan pemerintah (PP) nomor 104 ,pasal 5 ayat (4) dan juga telah melalui proses prosedur dari musdus, musdes hingga pembentukan kelompok ,untuk budidaya kambing ditangani oleh Pokmas Pulung Makmur sedang untuk budidaya lele ditangani oleh Pokmas Tamanan Berdikari, tuturnya!!! (Budhi H).

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed