Posko Jogo Suroboyo bersama Linmas dan warga di RT 02 RW 05 Bukid III Kelurahan Banyu Urip Surabaya

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapost.com – Menjelang bulan suci Ramadhan sebagai warga yang baik, sudah seharusnya setiap kegiatan yang dilakukan di lingkungan tempat tinggal harus diikuti dengan baik dan jika ada tugas yang diberikan harus diselesaikan dengan baik pula, salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di lingkungan adalah jaga ronda malam alias Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Kegiatan jaga ronda malam ini, dilaksanakan di RT 02 / RW 05 Bukid lll Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan, Selasa (31/3/2020), warga dan linmas dua hari sekali rutin melakukan jaga ronda malam sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, biasanya masing – masing kepala keluarga atau warga pria yang sudah dianggap layak meski belum berkeluarga akan mendapatkan piket secara bergiliran.

banner 300250

banner 300250

Tujuan dari kegiatan ini tentu saja untuk memberikan rasa nyaman kepada warga sekaligus mencegah sedini mungkin berbagai kejadian yang tidak diinginkan dan ancaman yang bisa datang sewaktu – waktu. Sebenarnya kegiatan pengamanan ini sudah ada instansi tersendiri yang melakukannya, namun tidak ada salahnya masyarakat juga turut berperan serta di dalamnya supaya kemanan dan ketertiban lebih terjaga secara maksimal.

Ketua RT 02 / RW 05 Bukid lll Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Surabaya, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp mengatakan, kegiatan jaga ronda malam terdiri dari masing – masing RT beberapa orang warga dan linmas di lingkungan tersebut menurut jadwal yang telah ditentukan dimulai dari pukul 11.00 – 03.30 WIB, karena terdiri dari beberapa orang itu lah maka berbagai keseruan itu ada, apalagi jika sebelumnya pada siang hari kita tidak bisa bertemu dengan mereka.

Maka lewat kegiatan jaga ronda malam inilah kita bisa bertemu dengan tetangga, saling bercengkrama dalam suasana yang penuh dengan keakraban, bisa dikatakan kegiatan ronda malam ini adalah salah satu kegiatan yang semakin mempererat tali silaturrahim dengan tetangga.

“Apalagi ada persamaan nasib dan juga tujuan keluar malam itu adalah sama – sama untuk meronda dan itu akan semakin membuat suasana semakin menyenangkan dan bukan tidak mungkin warga lain yang bukan jadwalnya juga ikut nimbrung dan akan lebih menghangatkan suasana meski hanya sebentar saja,” kata Sungeng Herminanto, sekalikus sebagai kooedinator linmas.

Senada dengan ucapan ketua RW 05 Handi Tri Prawono, menyampaikan sebuah kegiatan yang positif karena selain untuk menjaga ketertiban serta kemanan juga bisa menjadi sarana mempererat tali hubungan dalam bertetangga dan bermasyarakat. Kegiatan ronda malam ini tidak hanya dilakukan dengan berdiam diri di pos ronda yang ada, namun kegiatan ini intinya adalah melakukan patroli.

“Selain kegiatan patroli anggota linmas memukul sesuatu jika ada pergantian jam, misalnya saja yang sering dipukul adalah tiang listrik jumlah pukulan menyesuaikan dengan jam waktu itu, misalnya ketika jam 1 maka tiang akan dipukul 1 kali, begitu seterusnya jika ada pergantian jam,” tuturnya.

Hadir giat jaga ronda malam ini di RT 02 / RW 05 Bukid lll Kelurahan Banyu Urip Kecamatan Sawahan Surabaya antara lain: Mariyanto wakil ketua RT 01, Subaidi ketua RT 05, Agus Harso ketua RT 05, Machmudi staf RT 02, kartar Argasi RT 02 dan anggota linmas beserta warga.

Jurnalis: Bairi
Editor: Sabairi

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed