oleh

Perwakilan KADIN Lumajang Hadiri Panen Padi Sehat

Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang – Bertempat di desa Kedung Rejo kecamatan Rowokangkung dikawasan kelompok tani Karya Makmur hari ini diadakan panen padi sehat menggunakan pupuk Organik cair (POC) besutan PAGUYUBAN PETANI SARI LUHUR, hadir dalam acara Ketua HKTI Lumajang, Perwakilan KADIN Lumajang, Perwakilan Pemuda Pancasila, MUSPIKA Kecamatan Rowowangkung, UPT BPP Pertanian Rowokangkung, Kades, PPL, perangkat desa, gapoktan, poktan, dan petani desa kedungrejo.

Panen padi sehat milik anggota kelompok tani, Antok seluas 0,18 Ha, menggunakan POC sebanyak 6 liter dengan biaya pemupukan sebesar Rp. 300.000,- yang menurutnya irit sebanyak 50% jika dibandingkan dengan memakai pupuk kimia, di hamparan ini jelas terlihat perbedaan yang cukup signifikan, yang menggunakan POC terbebas dari penyakit kresek yang melanda area ini dengan hasil 1,2 ton, alhamdulillah sisa nya masih banyak, kami masih untung 3, 4 jt.

Kades kedungrejo Hariyadi menyampaikan bahwa ini salah satu solusi bagi petani menghadapi kurangnya jatah subsidi pupuk yang ada sekarang ini, kami akan bertekad mengembangkan kawasan ini menjadi kawasan padi sehat untuk mendukung kegiatan GERBAS TANI pada bulan Juli nanti, kami berharap agar petani diwilayah kami sadar agar kembali kepertanian berbasis non kimia, seperti kita, saksikan saat ini.

Hal senada disampaikan oleh kapten Ony selaku Danramil Rowokangkung kami akan mendukung dan mengawal petani bertani sehat, sesuai fungsi kami di bidang Ketahanan pangan, perbaikan lahan mutlak dilakukan dan harus dilakukan secepatnya.

Kapolsek Rowokangkung AKP Sutiyo menambahkan selaku satgas pangan dan pengawas pupuk subsidi, merasa terbantu karena petani mendapat manfaat yg opotimal sehingga kerawanan sosial dan akses kekurangan pupuk subsidi terjawab solusinya

Perwakilan KADIN Lumajang menandaskan kami selaku pelaku dunia usaha akan mensuport penuh petani, karena dg makin bagusnya mutu gabah petani kami akan dapat untung, sebagai kontribusinya kami akan memberikan tambahan selisih harga agar petani bergairah.

Senada Ketua HKTI menyampaikan kalau petani sudah berubah ke pola pertanian sehat, maka efek dominonya akan sangat besar, dan pada ujungnya peningkatan hasil yang cukup bisa dinikmati petani.

Kami akan bekerja sama dengan seluruh pihak untuk mengusung konsep pertanian sehat dan ramah lingkungan
Darsono selaku KUPT BPP Pertanian rowokangkung menandaskan petani harus Cerdas dan mau mengaplikasikan teknologi pertanian yang murah dan efisien agar petani sejahtera.
Seniman Ketua kelompok tani, mengajak anggotanya untuk beralih menggunakan pupuk organik yang hasilnya terbukti saat ini, disamping murah hasilnya juga nyata, dia menambahkan usulan kepada KADIN Lumajang untuk menjembatani keluhan petani saat panen raya tentang harga dasar gabah yang selalu turun, menyikapi hal tersebut pada prinsipnya pengusaha itu objektif saat produk padinya optimal seperti ini kami otomatis akan memberikan selisih harga yang lebih, karena sudah dipastikan rendemen padinya akan naik, seperti diketahui inpres harga pembelian pemerintah (HPP) padi tahun 2015 yang menyebutkan bahwa harga padi kering sawah adalah Rp. 3.700,- dengan syarat hampa 10% dan kadar air 20%. Pemuda pancasila yang hadir saat itu menyampaikan bahwa kita akan bantu sosialisasi ke seluruh PAC kami di tingkat kecamatan demi terwujudnya lumajang sebagai sebagai kawasan pertanian sehat. (fjr)

iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

News Feed