oleh

Perpustakaan Keliling Untuk Anak – Anak Perbatasan

Belu, harianmerdekapost.com – Satgas Pamtas RI RDTL Sektor Timur Yonif Raider Khusus 744/SYB membuat gebrakan kreatif dan inovatif dengan memodifikasi kendaraan roda dua menjadi motor pintar kepada siswa – siswi dalam memberikan pelayanan perpustakaan keliling, salah satunya dengan mendatangi sekolah SMPN 1 Silawan, di desa Silawan kecamatan Tasifeto timur kabupaten Belu Nusa tenggara timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Selasa (13/10/2020).

Dikatakannya, alasan personel pos Damar membuat motor pintar adalah karena melihat banyak siswa – siswi yang diliburkan dampak dari masih merebaknya virus covid – 19 di perbatasan.

“Danpos Damar Letda Anggun Wahyu Wuryanto bersama 3 orang Anggota pos Damar yaitu Pratu Angga Yudha,Pratu Sembiring dan Pratu Yogie, dengan manfaatkan sarana motor dan buku – buku pelajaran serta pengetahuan umum yang dimiliki oleh Satgas Pamtas Yonif Raider Khusus 744/SYB untuk dijadikan sebagai motor pintar.” jelasnya

Salah satu tugas pokok satgas adalah melaksanakan pembinaan teritorial seperti aalah satunya dengan memberikan pelayanan tenaga pendidikan, mencerdaskan masyarakat di perbatasan RI – RDTL.

Ditempat terpisah Danpos Damar Letda Anggun Wahyu Wuryanto mengungkapkan bahwa dengan adanya buku tidak lantas membuat orang itu pintar, tapi manfaatnya kedepanlah yang akan sangat berharga dan berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Foto : Personel Satgas Pamtas Yonif Raider Khusus 744/SYB memberikan pelayanan perpustakaan keliling

“Buku tidak lantas membuat kita pintar, tapi setidaknya dengan membaca maka wawasan kita yang nantinya kita peroleh akan berguna di masa depan. Dengan mempunyai wawasan yang luas dapat memberikan manfaat membimbing kita dalam menjalankan kehidupan sehari – hari.” ujarnya

Sementara itu, bapak Petrus Bere ( 45 ) selaku Kepala sekolah di SMPN 1 Silawan mengucapkan terimakasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif Raider Khusus 744/SYB yang telah berkesempatan hadir memberikan pelayanan perpustakaan keliling di sekolah tempatnya mengajar dengan menggunakan media kendaraan roda dua sebagai motor pintar sesuai konsepnya tersebut.

Menurutnya, dengan kehadiran perpustakaan keliling melalui motor pintar tersebut disambut semangat dan gembira oleh siswa-siswi di sekolah SMPN 1 Silawan, hal itu terlihat dari tampak jelasnya antusias anak-anak di sekolah yang berkumpul dan berlomba memilih buku yang mereka inginkan.

“Terima kasih kepada bapak TNI ,kami sangat senang kedatangan bapak TNI disini, karena melalui kreatifitas motor pintar yang berguna sebagai perpustakaan keliling tersebut membuat anak – anak kami mendapatkan motivasi untuk lebih giat belajar dan berlatih selama kegiatan di sekolah.” Ungkap Andi.

Andi (14) salah satu siswa di sekolah SMPN 1 Silawan mengucapkan terima kasihnya kepada TNI yang hadir membawa buku-buku dengan motor pintar sebagai perpustakaan keliling tersebut. Karena menurutnya dengan adanya motor pintar dari TNI sudah membuat mereka mendapat informasi dan pengetahuan baru.

Kembali dikatakan Dansatgas, semoga dengan adanya perpustakaan keliling yang dikonsep melalui sarana motor pintar ini diharapkan dapat membantu memberikan ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak sekolah di perbatasan Satgas Yonif RK 744/SYB.   (HMP.red)

Untitled-1
Untitled-1
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59 (1)
WhatsApp Image 2020-10-13 at 14.18.12
WhatsApp Image 2020-09-30 at 06.08.24
WhatsApp Image 2020-09-28 at 08.08.0

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed