Perlu Ada Solusi Untuk Meminimalisir Tindak Kriminal yang Ada di Wilayah Desa Kejapanan

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Setelah membaca berita informasi di grup Informasi Seputar Gempol tentang telah terjadinya tindak kriminal pencurian sepeda motor di gang Sakura dusun Waru Rejo desa Kejapanan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan (27-02-2023) jam 02.00 wib dini,Tim media harian merdeka post pada hari Jum’at (03-03-2023) jam 08.45 wib -selesai langsung melakukan penelusuran dan konfirmasi dengan para pihak untuk meminta tanggapan dan pendapat terkait perihal tersebut diatas.

Pada saat mau konfirmasi kepada kepala desa Kejapanan kebetulan tidak ada dikantor karena mengikuti giat bintek di Prigen,lalu awak media menemui salah satu perangkat desa Kejapanan yakni kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Ngasem yang akrab disapa Bang Gianto untuk meminta pendapat, menjelaskan kalau saran saya ya pengurus dusun setempat harus melakukan penertiban berupa pendataan penghuni kos-kosan kalau memang di dusun Waru Rejo banyak kos -kosan dan perlu dimaksimalkan lagi giat siskamling. Jelasnya!!!.

Kemudian awak media menemui Banbinsa desa Kejapanan Umar Warman untuk meminta komentar, menjelaskan ya kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Waru Rejo harus memaksimalkan program siskamling karena untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal adalah tanggung jawab tidak bisa hanya dibebankan kepada pihak kepolisian dan Koramil diperlukan kerja bareng, dan harus dilakukan penertiban penghuni rumah kos ya wajib didata, kalau dibutuhkan ya perlu diberlakukan jam malam, misal kalau tiap yang dari jl Alteri sudah ada portal ya jam 24.00wib portal harus dikunci,poin pentingnya warga dusun harus diberikan pemahaman terlebih dahulu oleh pengurus dusun Waru Rejo supaya tidak terjadi pro kontra tapi menjadi sesuatu yang disepakati bersama. Tuturnya!!!.

Kemudian awak media juga menemui kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Waru Rejo desa Kejapanan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan untuk konfirmasi tentang terjadinya tindak kriminal yakni berupa pencurian satu unit sepeda motor di GG sakura dusun Waru Rejo Isyanto, menjelaskan bahwa pengurus dusun Waru Rejo RT/RW telah melaksanakan program siskamling bahkan PK rwnya selalu keliling tiap malam, dan terkait penertiban penghuni kos -kosan berupa pendataan juga sudah kami lakukan dan tiap GG dari jalan Alteri yang menuju perkampungan warga sudah kami pasang portal,kami selaku pengurus dusun Waru Rejo sudah berupaya maksimal terkait perihal tersebut dan untuk diberlakukannya jam malam akan kami tata lagi. Jelasnya !!!

Setelah mendapat penjelasan dari kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Waru Rejo, Tim media harian merdeka post langsung meluncur ke dusun Waru Rejo terkait tiap GG dari jalan raya Alteri menuju perkampungan warga yang dipasang portal, telah mendapatkan beberapa temuan sesuai fakta di lapangan diantaranya, dari arah jalan Alteri ada 5 gang yang menuju perkampungan warga dengan rincian data, GG sakura ada portalnya tapi tidak difungsikan (sudah tertutup rumput alang -alang), Gang Anggrek ada portal tapi tidak difungsikan,gang timur Anggrek ada portal tapi tidak difungsikan, GG Kampung pia tidak ada portalnya dan GG Kampung sebelah timur rumah kaca ada portalnya.

Berdasarkan hasil temuan dan konfirmasi tersebut sebagai sumbangsih pemikiran penulis kepada pemerintah desa Kejapanan tentang beberapa langkah antisipasi untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal yang ada di wilayahnya, kepala desa Kejapanan secepatnya untuk melakukan koordinasi dengan babinkamtibmas dan babinsa melaksanakan program menggalakkan siskamling di tiap dusun yang ada di wilayah desa Kejapanan, menginstruksikan kepada para kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun se desa Kejapanan untuk melakukan penertiban berupa pendataan penghuni kos-kosan (bagi yang dusunnya ada rumah kos dan atau orang luar kontrak rumah) dan wajib melaporkan kepada pemerintah desa.

Bagi dusun yang sering terjadi tindak kriminal berupa pencurian sepeda motor bila perlu diberlakukan jam malam. Dasar dan tujuan sumbangsih pemikiran ini demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga desa Kejapanan , diharapkan dapat dijadikan pertimbangan!!!. ( Budhi H).