Peringati Harjad Sumenep Ke -753, Kodim 0827 gelar event Kerapan Kambing

Harianmerdekapost.com-Sumenep, Madura, Jawa Timur-Peringati Hari Jadi Sumenep Ke -753, Kodim 0827/Sumenep menggelar event Karapan Kambing Dandim Cup se Madura.

Event Karapan Kambing Dandim Cup yang berlangsung lapangan Sumarto Desa Batuan itu di ikuti sebanyak 128 perserta dari berbagai wilayah yang ada di Madura.

Bupati Sumenep yang di wakili Asisten 1 Didik Wahyudi memberikan apresiasi terhadap kodim 0827/Sumenep atas diselenggarakannya Event Karapan Kambing Dandim Cup itu.

Pihaknya berharap, event tersebut bisa menjadi agenda rutin Dandim 0827/Sumenep setiap tahunnya.

“Kami atas nama pemerintah sangat mengapresiasi adanya kerapan kambing ini, semoga dengan adanya event ini kerapan kambing yang merupakan budaya tradisional daerah Kabupaten Sumenep makin dicintai oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E. mengatakan, event karapan kambing dilaksanakan dalam rang memperingati hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke-753.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat pencinta kerapan kambing,” ujarnya.

Dikatakan oleh Dandim, kerapan kambing merupakan perlombaan adu cepat kambing. Perlombaan kambing itu tidak berbeda jauh dari kerapan sapi, hanya saja kerapan kambing tidak ada joki seperti kerapan sapi.

“Tak ada kriteria khusus dari jenis kambing yang digunakan, akan tetapi rata-rata peserta menggunakan kambing lokal (kambing kacang) untuk bertanding,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Dandim berkeinginan kerapan kambing tersebut bisa menjadi obyek pariwisata khas daerah Sumenep.

“Kami agendakan lomba karapan kambing ini dilaksanakan 2 kali setahun sebagai upaya melestarikan budaya khas Sumenep,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan Bupati Kabupaten Sumenep di wakili Assisten Pemerintahan Didik Wahyudi, Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudia Mahardi. S.E., Kapolres Sumenep AKBP Edo Setya Kentriko S. I. K., Kadisbudparpora Moh. Ikhsan dan Ketua Paguyuban kerapan kambing Kabupaten Sumenep.(*)