Perbaikan Pengaspalan Jalan Gempol By Pass Sepanjang 1, 5 km Selebar Badan Jalan Oleh Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur Telah Tuntas Dilaksanakan

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Proses pelaksanaan perbaikan pengaspalan jalan Gempol by pass mulai dikerjakan (29-11-2022) pengaspalan satu lapis artinya pada titik ruas jalan yang banyak tambal sulam dikeruk atau di nolkan kemudian diaspal baru secara keseluruhan setelah tuntas seluruhnya untuk finishingnya diaspal baru lagi satu lapis.

Berdasarkan hasil monitor dan investigasi tim media harian merdeka post hari Kamis (29-12-2022) tentang proses dan progres pelaksanaan perbaikan pengaspalan jalan Gempol by pass satu lapis telah mendapatkan beberapa temuan sesuai fakta di lapangan diantaranya bahwa proses pelaksanaan pekerjaan perbaikan pengaspalan satu lapis jalan Gempol by pass sepanjang 1, 5 km selebar badan kanan kiri telah selesai tuntas selama 30 hari (29-12-2022) dengan kualitas hasil pekerjaan cukup baik, juga telah dilaksanakan perbaikan pengaspalan jalan satu lapis pada ruas jalan utara depot Soto Lombok sebelah timur sampai depan notaris untuk meninggikan badan jalan supaya menyepadankan elovasi kemiringan badan jalan (pada ruas jalan yang sering terjadi kecelakaan).

Untuk perihal tersebut diatas penulis mewakili para sopir masyarakat kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan terutama para pengguna jalan tersebut mengucapkan terima kasih kepada bapak menteri PUPR RI dan Kepala dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur atas respon positif dan tindak lanjut nyata yang telah diberikan.

Dan penulis mewakili keluhan para sopir dan masyarakat kecamatan Gempol terutama para pengguna jalan Gempol by pass tetap berharap kepada bapak menteri PUPR RI dan Kepala dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur untuk tahun anggaran perbaikan pengaspalan jalan tahun anggaran 2023 hendaknya memberikan skala prioritas untuk menuntaskan paket pengaspalan jalan Gempol by pass yang belum diperbaiki yakni dari depot Soto Lombok sampai selatan rel kereta api yang masuk wilayah desa Legok kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan tersebut beberapa hal sebagai bahan kajian dan pertimbangan.

Pada ruas jalan Gempol by pass yang belum diperbaiki tersebut sering terjadi kecelakaan dikarenakan kondisi jalan banyak bergelombang dan elovasi kemiringannya diambang batas normal .
Sebab peninggian jalan pada ruas jalan yang miring tertanggal (28-12-2022) sampai di depan notaris sebelah timur itu,baru sebagian kecil.

Keluhan yang tersampaikan ini merupakan aspirasi dari para sopir dan masyarakat kecamatan Gempol terutama para pengguna jalan Gempol by pass serta poin pentingnya demi meminimalisir terjadinya kecelakaan dan korban jiwa juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan tersebut yang melintas pada jalan tersebut.

Perihal perbaikan jalan adalah merupakan kewajiban baik dari kementerian PUPR RI maupun dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur selaku penyelenggara jalan karena regulasinya sebagaimana yang telah diatur dalam ketentuan Undang-undang LLAJ nomor 22 tahun 2009 pasal 2 dan 8. Bersambung !!!.(Budhi H).