oleh

Perbaikan Jalan Provinsi Gempol By Pass Terindikasi Tidak Berpihak Kepada Rakyat Kecil Terutama Para Pengguna Jalan

-Berita, Nasional-51 Dilihat
banner 300250

Harianmerdekapost.com,PasuruanJatim,
Awak media beberapa kali pada pemberitaan sebelumnya telah menyampaikan bahwa jalan tersebut berstatus jalan nasional dengan nama Tol Gempol tapi akibat adanya musibah lumpur lapindo dan terbitnya SK menteri PUPR tertanggal 28 -04- 2022 dari status jalan Nasional berubah status menjadi jalan provinsi dengan nama dari Tol Gempol berubah Ex Tol atau Gempol by pass.

Untuk dapat dipahami oleh para pihak bahwa jalan Gempol by pass adalah jalan utama disamping menjadi jalan akses industri bukan jalan alternatif .
Dan sejak tahun 2006 hingga tahun 2022 tidak pernah dilakukan perbaikan jalan yang berupa peninggian jalan (pengaspalan jalan) tapi yang dilakukan setiap tahun hanyalah penutupan lubang jalan dan itupun dilaksanakan dengan setengah hati artinya dalam pelaksanaan perbaikan penutupan lubang jalan dari arah Apollo sampai bundaran Gempol titik – titik jalan yang berlubang tidak ditutup secara keseluruhan tapi hanya sebagian dan mssih banyak yang berlubang.

Berdasarkan hasil pantauan dan investigasi tim media harian merdeka post (05-08-2022 s/d 10-08-2022) mendapatkan beberapa temuan sesuai fakta dilapangan antara lain
1. Jalan Gempol by pass masih dalam kondisi rusak parah walau beberapa kali dilakukan perbaikan menutup jalan yang berlubang jalan pada ruas jalan tersebut .
2. Kondisi jalan provinsi Gempol by pass semakin banyak titik- titik yang bergelombang dan masih banyak pula yang berlubang .
3. Pelaksanaan perbaikan yang berulang kali dilaksanakan oleh PPK 3.5 dari dinas PU Bina Marga provinsi Jawa Timur terindikasi tidak sesuai atau menyimpang dengan regulasi sebagaimana diatur dalam undang – undang LLAJ nomor 22 tahun 2009 pada pasal 8 yakni a.perbaikan jalan harus disesuaikan dengan kerusakan jalan yang dibutuhkan b. Standart keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan .

4. Pada hari senen tanggal 08-08-2022 tim perbaikan penutupan jalan berlubang ya tetap saja hanya sebagian saja yang dikerjakan .
Bukti ,per hari rabu tanggal 10-08-2022 masih banyak yang berlubang pada ruas jalan tersebut .

Berdasarkan beberapa temuan lapangan tersebut demi kepentingan masyarakat luas terutama sopir dan para pengguna jalan, Diharapkan kepada kepala PU Bina Marga provinsi Jawa Timur selaku penyelenggara jalan dan penanggung jawab anggaran untuk melakukan sidak langsung pada jalan Gempol by psss supaya mengetahui secara pasti kondisi kerusakan ruas jalan tersebut .Bersambung !!! (Budhi H).

banner 300250