Peranserta TNI di Wilayah, Wajib dan Komitmen Dukung Program Pemerintah Demi Rakyat

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Keterlibatan Babinsa di setiap Koramil Jajaran Kodim 0821 Lumajang, salahsatunya dalam pelaksanaan Vaksin – Covid – 19, hingga kini terus optimal. Disebut dalam giat pendampingan, setiap Bintara Pembina Desa secara intens terlibat dalam setiap pelaksanaan kegiatan.

Disampaikan oleh Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y.T, S.T M.M menegaskan, setiap personil TNI di wilayah kepemimpinannya, memiliki kewajiban ikut serta dalam setiap pelaksanaan kegiatan masyarakat, terlebih dalam ranah mendukung program – program pemerintah.

“Jadi setiap personel TNI di wilayah, itu memiliki kewajiban OMSP yakni membantu program – program pemerintah daerah, mewujudkan kesejahteraan masyarakat, terlebih mendampingi kegiatan vaksinasi itu sendiri, dalam ranah perlindungan terhadap kerentanan akan terpapar virus,” ucap Dandim 0821, dikonfirmasi Minggu (31/12/2022).

Menurutnya, selama tahun 2022, jajarannya telah maksimalkan hal tersebut. Hingga ujung tombak ( personel TNI yang berinteraksi langsung dengan masyarakat ) atau Babinsa, merata aktif dan terlibat dalam kegiatan – kegiatan masyarakat.

Disisi lain, sinergi dengan semua stakeholder juga ia tingkatkan. Berikut ia harap, kemanunggalan TNI dengan masyarakat terus menguat.

Perihal vaksin, Dandim mengutarakan pihaknya-pun telah mendampingi dalam setiap pelaksanaannya. Sedari awal sosial hingga masyarakat mengerti akan maksud dan tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan.

Diketahui bersama, tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenali virus dan mengurang risiko terpapar.

Lemahnya sistem imun tubuh, membuat seseorang menjadi lebih mudah terkena serangan penyakit. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh penting untuk mencegah banyak jenis penyakit lain bahkan yang jauh lebih serius seperti infeksi organ tubuh atau hepatitis.

Diujung tahun 2022, pimpinan di Makodim 0821 itu berterimakasih atas keterlibatan semua pihak dalam hal sinergitas. “Pengabdian TNI pada pertiwi tidak akan pernah surut. Ke depan akan terus kami tingkatkan demi kepentingan rakyat,” tutupnya. (fjr).