Penyelidikan Epidemiologi Kedatangan Warga Palengaan Dari Rantau Daerah Terdampak Covid-19.

banner 300250

banner 300250

PAMEKASAN, Harianmerdekapost.com – Dalam situasi Covid-19 dan antisipasi menyebarnya Corona Virus. Tiga Kepala Desa di wilayah Kecamatan Palengaan, melakukan pendataan dan pemeriksaan dini warga yang datang dari luar daerah.(26/03/2020)

Berdasarkan data kecamatan, hari ini ada sebanyak 60 orang yang datang dari luar daerah yang sudah ditangani. Warga Desa Palengaan laok 29 orang. Warga Desa Kacok 15 orang. Dan warga Desa Panaan ada sebanyak 16 orang.

Adapun penditeksian suhu tubuh dari 60 orang tersebut dikisaran 35°c, dan 36°c. Dengan kondisi sehat. Namun, pihak medis meminta untuk 14 hari kedepan tidak boleh keluar rumah mengantisipasi gejala yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, pada jam 10:30 Wib Satgas Kecamatan Palengaan melakukan pendataaan pemeriksaan di Balai Desa Panaan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, dengan didampingi oleh team tenaga kesehatan, Polindes Desa Panaan, yang dimotori oleh Ibu Nurus Syamsiyah.

Selain pemeriksaan, Team Tenaga Kesehatan Polindes Desa Panaan mengajari warga dan mendemonstrasikan bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar.

Dalam hal ini, Camat Palengaan Achmad Sukrisno mengatakan, setiap warga Palengaan yang datang dari luar daerah terus di pantau agar tidak terpapar Covid-19.

“Itu dalam rangka antisipasi untuk memastikan bahwa mereka terbebas dari virus corona,”Kata H. Kris, Kamis, (26/03/2020).

Sementara itu Kades Panaan Muhammad Ali mewakili seluruh Kades se Kecamatan Palengaan mengimbau kepada masyarakat, apabila ada pihak keluarga yang mau pulang dari luar daerah untuk memberitahu ke Kepala Dusun atau langsung melalui Kepala Desa masing-masing.

“Demi keselamatan bersama saya imbau Khususnya kepada masyarakat Desa Panaan, dan semua warga desa se-Kecamatan Palengaan pada umumnya, keluarga yang ingin pulang dari perantauan, H-3 sudah memberi kabar ke kepala dusun untuk dilakukan pendataan, pemeriksaan suhu tubuh dengan infrared thermometer dan penyemprotan Disinfektan sebelum sampai dirumahnya,”Imbau Kades Panaan Muhammad Ali. (Firda Juwita/Sfr).