oleh

Penyekatan dan Swab ditempat Bagi Warga Madura di Ujung Suramadu Demi Pencegahan Virus Covid-19

Harianmerdekapost.com – Surabaya  jawa Timur,- Pemerintah Kota setempat melakukan penyekatan di Jembatan Suramadu. Pengendara dari Madura yang hendak masuk ke wilayah Surabaya harus tes swab antigen.(06/06/2021)

Hal itu merupakan langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah kota surabaya dan kepolisian menyusul meningkatnya kasus penularan Covid-19 di wilayah Bangkalan, Madura.

“Karena ada peningkatan kasus positif di Madura, kami melakukan swab antigen di Suramadu, yang arah Madura. Bersama Pak Wali Kota Surabaya juga,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, AKBP Ganis Setyaningrum, saat dikonfirmasi olehh awak media HMP Minggu (6/6).

Ia mengatakan penyekatan itu mulai dilakukan sejak 10.00 WIB, tadi. Petugas terlebih dahulu akan mengecek kelengkapan pengendara, seperti KTP hingga surat bebas Covid-19.
Pengendara asal Madura yang tak punya surat bebas Covid-19 akan diwajibkan menjalani tes swab antigen di lokasi penyekatan.
“Cek KTP tiga wilayah di Madura yang diduga sedang tinggi Covid-19,” ucapnya.

Dinas Kesehatan Jawa Timur menyapaikan bahwa kasus Covid-19 mengalami peningkatan di Kabupaten Bangkalan, Madura. RSUD setempat menutup layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) per Sabtu (5/6).

“Di Bangkalan, terjadi peningkatan
Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, per 5 Juni 2021, kasus kumulatif positif Covid-19 di Jatim mencapai 156.050. Sebanyak 142.727 di antaranya dinyatakan sembuh, 1.793 masih dirawat dan 11.530 meninggal dunia.

Sedangkan kasus kumulatif Covid-19 di Bangkalan, tercatat ada sebanyak 1.754 kasus. 1.520 dinyatakan sembuh, 178 meninggal dunia dan sebanyak 56 pasien masih dirawat. Di Bangkalan dalam peta risiko merupakan daerah berstatus kuning, atau zona merah bisa juga di ketagorikan berhaya ungkap, Satgas covid 19

Sementara itu, wali kota Surabaya mengantisipasi penyebaran Corona sangat signifikan di wilayah madura.khususnya kabupaten Bangkalan Sehingga penyekatan dilakukan di area suramadu, khususnya yang dari Madura ke Surabaya.

Eri Cahyadi pun menyampaikan bahwa “akan bekerja sama dengan Kapolda, dan Gubernur Jawa Timur, juga bekerja sama dengan Bupati Bangkalan untuk membuat RS sementara disisi Madura akses area Suramadu untuk mengantisipasi ketika ada yang positif Corona, langsung mendapat penanganan secara cepat. Untuk emencegah penyeberan Virus Corona di wilayah Surabaya.”

Sementara itu terdapat tiga RS di Surabaya yang di khususkan untuk penanganan Virus Corona yakni RS Asramah Haji, RS DR. Soetomo, RS. Indrapura.( Red rahem / ismail )

banner 300250

IMG-20210616-WA0011 (1)

News Feed