Penemuan Batu Lumbung Berukuran P: 1,25 m, L: 40 cm, dan Tebal : 18 cm Di Situs Bata Kuno di Dusun Blimbing Desa Bulusari

Berita, Budaya, Daerah, Info464 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Semakin banyak ditemukan benda-benda purbakala di desa Bulusari kecamatan Gempol kian membuka tabir bahwa desa tersebut merupakan salah satu yang mempunyai situs bersejarah dan barang purbakala.

Pada hari Sabtu tanggal (25-05-2024) HM Atim kawil dusun Blimbing desa Bulusari kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan yang notabene juga sebagai Jupel dan penemu barang purbakala bata kuno telah menemukan benda purbakala berupa batu lumbung yang berukuran panjang 1,25 M , L 40 Cm dan Tebal 18 Cm.

Tim media harian merdeka post setelah mendapat informasi dari seorang tentang perihal penemuan benda purbakala langsung datang ke TKP dan menemui bapak HM Atim(25-05-2024) jam 12.05 wib untuk konfirmasi kronologi penemuan benda purbakala tersebut, beliau menjelaskan ketika kami bersih -bersih diarea bata kuno ini melihat adanya sebuah batu yang ada pada tatanan bata kuno kemudian kami gali yang ternyata kami dapatkan sebuah batu besar seperti ini kejadiannya jam 11 .30 wib

Dan perihal temuan ini kami sudah laporkan ke Dinas Purbakala kabupaten Pasuruan.

Termasuk tempat sesajen sebelumnya yang barangnya kami titipkan Ibu Kepala desa Bulusari yang disimpan di kantor desa itu. Tuturnya!!.

Awak media juga menemui warga setempat Bapak Edi Prayitno yang akrab disapa Bang Takrib(25-05-2024) sosok sederhana yang mempunyai kelebihan mampu berkomunikasi dengan machluk halus untuk meminta komentar terkait penemuan benda purbakala tersebut, beliau menjelaskan bahwa jenis batu purbakala yang ditemukan Aba Atim ini menurut yang tahu adalah batu Lumbung yang biasa dibuat dampingan prasasti pada jaman dahulu dan kami yakin tidak hanya satu pasti ada lainnya dan dalam waktu dekat akan ditemukan lagi karena sebelumnya Aba H Atim juga menemukan benda purbakala tempat sesajen. Jelasnya !!

(Budhi H).