oleh

PEMPROV KALBAR SAMBUT KEDATANGAN PRESIDEN RI Ir.H.JOKO WIDODO,DAN ROMBONGAN DI BANDARA SUPADIO.

-Berita, Nasional-59 Dilihat
banner 300250

HarianMerdekapost,com-Pontianak Kalbar– pemerintah provinsi kalimantan pada hari ini selasa 9 Agustus 2022,Menyambut kedatangan Rombongan presiden Ri,Ir.H.Joko widodo dan Ibu negara Iriana joko widodo.dibandara supadio pontianak.

Gubernur kalimantan barat H.Sutarmidji beserta isteri, pangdam x11.Tanjungpura beserta isteri,dan kapolda kalbar beserta isteri,menyambut kedatangan presiden Ri,dan Ibu negara Iriana joko widodo. Rombongan kepresidenan selanjutnya memasuki Ruangan VVIP. Untuk selanjutnya akan melanjutkan perjalan menuju tempat peresmian Terminal kijing pelabuhan pontianak di kabupaten mempawah,dengan menggunakan Helly kopter kepresidenan.sampai di terminal kijing pelabuhan pontianak Rombongan Presiden Ri didampingi ketua komisi V DPR RI, Lasarus disambut oleh Bupati Mempawah,Hj.Erlina, S.H,M.H.selanjutnya presiden joko widodo,menuju podium untuk menanda tangani prasasti,peresmian terminal kijing pelabuhan pontianak.dilokasi didalam area peresmian suasana terdengar adanya suara protes dari oknum mengatas namakan lsm memprotes perubahan nama terminal kijing kenama pelabuhan Tanjungpura, yang telah diusùlkannya.Namun penanda tanganan terminal kijing,pelabuhan pontianak,prasasti yang telah disediakan Protokol ditanda tangani oleh presiden jokowidodo,pada hari ini,tanggal 9 Agustus tahun 2022. telah saya resmikan terminal kijing pelabuhan pontianak, tegas Presiden joko widodo.Silakan ganti nama kijing Atau Nama Tanjung pura, ajukan keperintah pusat,(kepresiden),ucap kepala Negara.Seusai melakukan penanda tanganan prasasti peresmian terminal kijing pelabuhan pontianak,Rombongan presiden Ri, joko widodo dan ibu Iriana, berikutnya melanjutkan perjalanan mengunjungi desa sungai duri kecamatan sungai raya kabupaten bengkayang,sampai di bengkayang presiden Ri disambut oleh Bupati bengkayang Sebastianus Darwis dan kepala desa sungai duri.Masyarakat antusiasme menyambut kedatangan presiden joko widodo dan Rombongan,kunjungan presiden joko widodo untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT)kepada masyarakat penerima manfaat, presidenjoko widodo juga memberikan uang tunai langsung kepada warga,membagikan sembako dan pakaian.kemudian ada uang tunai untuk tambahan modal usaha atau merintis usaha Rp.1,2 juta untuk 100 penerima manfaat.

Selain bantuàn dari presiden ada juga bantuan dari kementerian sosial,yang diberikan pada program keluarga harapan (PKH).dikalimantan barat untuk disalurkan pada masyarakat dalam 3 tahapan penyaluran.pada tahap 1 kepada 179,527 senilai Rp.137,036,426.000.tahap 2. kepada 176,303 senilai Rp.137,024,150.000,dan tahap 3 kepada 172,218,senilai Rp.133,938,525.000.Selain itu ada juga bantuan asistensi rehabilitasi(atensi) sosial,senilai Rp,49,900.000.

Disisi lain, Bupati bengkayang Sebastianus darwis mengucapkan terima kasih kepada presiden joko widodo atas kunjungannya kedesa sungai duri kecamatan sungai raya kabupaten bengkayang kalbar, presiden joko widodo dalam kunjungannya,juga dapat bertemu langsung dengan para pedagang.dalam kesempatan kunjungan presiden Ri,Sebastianus Darwis juga menyampaikan terkait progres pembangunan PLBN jagoi babang yang sudah hampir88 % pengerjaannya.

Sebastianus darwis berharap kedepan border jagoi babang ini juga minta diresmikan langsung oleh presiden joko widodo,ungkap bupati bengkayang.
Seusai melakukan kunjungan ke kabupaten bengkayang,Presiden Ri, joko widodo kembali menuju kekota pontianak,untuk istirahat Sholat dan makan siang di pondok kakap jalan ismail marzuki.

Seusai makan siang Presiden Ri dan Rombongan melanjutkan perjalan menuju Rumah Sakit sudarso. Untuk meresmikan Tower A dan B yang baru (RSUD)Dr.Sudarso. Presiden joko widodo menekankan pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan ditanah air.
Presiden joko widodo menyampaikan bahwa Pandemi covid 19
selama 2,5 tahun mampu memperlihatkan sistem kesehatan nasional yang butuh diperbaiki dan ditingkatkan, untuk melayani seluruh masyarakat,Tegas presiden joko widodo.

Kita banyak sekali belajar dari pandemi 2,5 tahun ini,melihat bagaimana sistem kesehatan nasional kita,mana yang harus kita perbaiki,mana yang lamban
Yang harus dipercepat,sarana apa yang harus dibeli,semuanya kelihatan.pada saat kita menderita memang jadi kelihatan semuanya,pada saat krisis kesehatan karena pandemi kelihatan semuanya,mana yang enggak benar kelihatan,mana yang lamban kelihatan,mana yang kurang kelihatan,inilah yang kita perbaiki tutur presiden joko widodo.
Presiden sangat menyayangkan apa bila ada masyarakat ditanah air dalam hal ini,dikalimantan barat masih melakukan pengobatan keluar negeri,untuk itu saat Gubernur kalbar meminta bantuan kepada pemerintah pusat dalam pembangunan Tower baru RSUD,Dr.Sudarso pemerintah pusat menyanggupinya.
Saya itu paling sedih kalau mendengar ada warga negara kita yang sakit kemudian pergi keluar negeri,berobat kemalaysia,kesingapura ada yang kejepang,ke amerika,khusus untuk kalimantan barat saya mendengar banyak sekali yang kekuching.berapa outplow kita? Uang yang keluar untuk membiayai yang sakit dan keluar negeri lebih dari Rp. 110,triliun Setiap tahunnya Ucap kepala Negara.
Pembangunan RSUD,menghabiskan Rp.205 milyar,alkesnya kurang lebih Rp.200 an milyar,semuanya saya lihat sudah super moderen,saya ingatkan enggak usah berobat keluar negeri.disini sudah cukup menangani kasus-kasus penyakit yang ada ujar presiden.
Diisisi lain Gubernur kalbar Sutarmidji, mengatakan bahwa Rumah sakit tersebut,tidak akan dikategorikan berdasarkan kelas,melainkan penanganan Setiap penyakit pasien.

Rumah sakit ini dioperasikan tanpa kelas,pak, ucap midji,karena kami berpendapat rumah sakit itu,(kelas itu) tergantung dari penyakitnya.jadi tidak memandang dari sisi kemampuan membayar tetapi,dari sisi jenis penyakitnya,Tutur sutarmidji.

Turut mendampingi Presiden joko widodo dan ibu Iriana,dalam acara tersebut, sekretaris kabinet Pramono Anung,menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin,Menteri BUMN,Eric Tohir,Menteri PUPR,Basuki Hadi Muljono,dan Direktur RSUD,Dr.Sudarso, drg.yuliastuti Saripawan. Seusai peresmian di RSUD,presiden dan Rombongan bergegas pergi meninggalkan lokasi,menuju kerah mobil yang ditumpangi Ri.I .joko widodo,dan Ibu iriana, berjalan pelan-pelan Namun tiba-tiba mobil yang ditumpangi presiden joko widodo berhenti dijalan,Rupanya sang presiden Ri,membuka pintu mobil dan Turun ingin menemui Warga dan membagikan pakaian kepada warga yang sudah lama menunggu.Selanjutnya presiden joko widodo masuk kembali kedalam mobil yang di tumpanginya,berlalu pergi meninggalkan warga Untuk menuju bandara supadio dan selanjutnya kembali ke Jakarta.

(Edi/Arh.)

banner 300250