oleh

Pemkab Sumenep Distribusikan Pupuk Tembakau Gratis Terhadap 69 Poktan

-Berita, Nasional-47 Dilihat
banner 300250

Harianmerdekapost.com-Sumenep, Madura, Jawa Timur-Guna mendorong produktivitas petani menjelang musim tanam tembakau, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur memberikan bantuan pupuk tembakau kepada para petani.

Pemberian bantuan pupuk tembakau kepada para petani itu dilakan melalui kelompok tani (Poktan). Ada sebanyak 69 poktan yang mendapatakan pupuk gratis tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep Arif Firmanto menyampaikan, penyaluran bantuan pupuk gratis kepada petani yang bersumber dari anggaran APBD I itu sudah dilakukan pada Rabu, 3 Agustus 2022 lalu. Penyerahan bantuan tersebut dipusatkan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kostratani Kecamatan Manding.

“Penyalurannya kami pusatkan di kecamatan manding. Setiap ketua Poktan yang berjumlah 69 kami undang ke sini (BPP Manding),” ungkapnya.

Dijelaksan oleh Arif, pemberian bantuan pupuk gratis melalui poktan itu bertujuan untuk mengurangi beban biaya produksi para petani.

Disamping itu, lanjut Arif Firmanto guna mengatasi terjadinya kelangkaan pupuk yang seringkali menjadi persoalan klasik para petani ketika musim tanam tiba.

“Melalui program pemberian pupuk gratis tersebut, Pemerintah Daerah menginginkan ada peningkatan produksi dan kualitas tanaman tembakau di Sumenep, sehingga produksi pertanian pada tahun ini bisa lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, ada sebanyak 163.600 kilogram pupuk gratis yang distribusikan pemkab kepada 69 Poktan di Sumenep. Jenis pupuk yang diberikan Pemkab Sumenep kepada 69 Poktan itu adalah pupuk NPK.

“Pupuk yang kami berikan adalah pupuk NPK. Ada yang berbentuk cair dan padat seperti butiran kasar yang mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium,” tukasnya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Addarojah Desa Gadding, Kecamatan Manding, Dawi (40) menyampaikan terima kasih atas bantuan pupuk yang diberikan Pemkab Sumenep.

Menurutnya, bantuan pupuk NPK dari pemerintah itu sangat besar manfaatnya bagi para petani menjelang musim tanam tembakau.

“Alhamdulillah, kami bersyukur. Bantuan pupuk dari pemerintah sangat besar manfaatnya, apalagi saat ini kami mulai menggarap lahan,” ujar Dawi. (*/Nri)

banner 300250