Pemkab Bojongoro Siapkan Anggaran Rp 66 M Untuk Program Aladin Tahun 2020

banner 300250

Bojonegoro, harianmerdekapost.com – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro kucurkan anggaran Rp 66 Milliyar untuk program atap lantai dinding (ALADIN), selasa 03/03/2020.

banner 300250

Program tersebut merupakan bantuan kepada warga miskin yang kondisi rumahnya memang benar-benar memprihatinkan dan harus segera dibenahi. Kepala Seksi Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Dinas Perumahan dan Permukiman Cipta Karya Bojonegoro, Udin menjelaskan, anggaran Rp. 66 Milliyar diperuntukan bagi 3.300 unit rumah tak layak huni yang tersebar di seluruh Kabupaten Bojonegoro.

“Biaya perbaikanya Rp20 Juta per satu unit rumah,” ujarnya. Program Aladin ini diberikan kepada warga miskin yang benar-benar rumahnya perlu segera penanganan.

Adapun kriteria rumah yang akan dibangun yaitu atap sudah rapuh, lantai masih tanah, dinding masih dari sesek atau papan yang sudah rapuh, kurang ventilasi udara dan cahaya.

Sementara itu untuk ukuran bangunan rumah panjangnya 6 meter dengan lebar 4 meter, tinggi bangunan 3,18 meter serta atap dari asbes yang di cat.

Selain itu bangunan lantai rumah dari paving berukuran 20×20 cm dengan tinggi 5 cm. Untuk bangunan dinding rumah setengah badan terbuat dari bata ringan yang di atasnya rangka kasiboard.

“Untuk atapnya menggunakan asbes gelombang dan rangka atap dan kuda-kuda dari bahan kayu,” ucapnya, saat ditemui wartawan harian merdeka post di kantor nya.

Adapun syarat-syarat penerima bantuan program Aladin yaitu, warga Kabupaten Bojonegoro, warga yang sudah jompo (yang tidak berpenghasilan), warga miskin (tidak berpenghasilan tetap), warga yang berpenghasilan perbulan yang di bawah rata-rata.

Rumah yang tidak layak huni (reyok), tanah milik sendiri (ada bukti kepemilikan), tanah tidak bermasalah, serta tanah bukan milik Desa, Silir Helo, PT KAI atau milik orang lain. ( jurnalis abq /team)