Pemkab Bojonegoro Beri Bimbingan Teknologi Bagi Pengelola SID dan Webdes

banner 300250

Bojonegoro, harianmerdekapost.com – Sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan bimbingan teknologi bagi pengelola teknologi informasi (TI) desa di gedung pusat informasi publik (PIP) Jalan AKBP Soeroko No.11 Bojonegoro, Senin (9/3/2020).

banner 300250

Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 operator desa percontohan pengelola sistem informasi desa (SID) dan website desa. Menurut salah satu perwakilan Dewan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) Ita Aristya, melalui pendampingan atau bimbingan teknologi SID khususnya untuk para operator desa dapat membantu program-program pemerintah dalam hal penyajian data.

“Saat ini data ini sangat penting untuk menentukan kebijakan- kebijakan pemerintah kabupaten kedepanya,” ungkapnya.

Melalui SID ini yang diharapkan adalah data yang ada di desa harus terintegrasi harus masuk kedalam sistem “Karena di lapangan saya menemukan kendala-kendala yang sering terjadi adalah masalah data,” ujarnya.

Dijelaskan data itu sebenarnya ada, tetapi untuk proses untuk memasukan data itu memang perlu waktu dan akhirnya akan berakibat pada terhambatnya program pemerintah.

“Selaku operator desa yang ditunjuk harus meluangkan waktu untuk menginput data tersebut agar proses tersebut berjalan dengan baik dan data yang didapat juga valid,” pungkas. ( jurnalis abq n team)