oleh

Pemdes Botolinggo Bondowoso, Gelar Bimtek Pendataan SDGS dan IDM Tahun 2021

Harianmerdekapost.com Bondowoso Jatim – Pemerintah Desa Botolinggo, Kecamatan Botolinggo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Berbasis SDGS dan IDM Tahun 2021.

Maksud dan tujuan SDG’s Desa
dan IDM untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data.

Bimtek SDG’s dan IDM bertempat di pendopo desa botolinggo dengan dihadiri oleh Pj. Camat Botolinggo beserta Staf, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan, Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa Tehnik Infrastruktur (PDTI), Kepala Desa Botolinggo, Sekdes botolinggo, Jajaran perangkat desa dan puluhan relawan Pokja SDG’s desa botolinggo yang didominasi para pemuda, Selasa (7/4/2021).

Kepala Desa Botolinggo mengatakan, Bimtek SDG’s melibatkan pendamping desa pemberdayaaan (PDP), Pendamping Lokal Desa dan Pemerintah Kecamatan Botolinggo serta berbagai unsur lainnya.

” Sesuai instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, hal ini dilakukan untuk memastikan program pembangunan dilakukan secara tepat berdasarkan kebutuhan masing-masing desa ” Jelas Santoso.

Kades Botolinggo juga menjelaskan Bimtek SDG’s menjadi bekal bagi anggota Pokja sebelum terjun ke lapangan dan mendata warga di rumah masing-masing.

“Saya harus memastikan semua anggota Pokja sudah menguasai isi kuisioner yang ada diaplikasi SDG’s sebelum terjun ke lapangan,” tutur Santoso.

Pj Camat Botolinggo menyampaikan Bimtek SDG’s dan IDM diisi oleh Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan dan Pendamping Lokal Desa Botolinggo.

” Saya sangat mengapresiasi kehadiran para pemuda desa botolinggo, atas kehadiran dan semangatnya begitu antusias mengikuti Bimtek SDGS dan IDM Tahun 2021 ” Jelas Deni Dwi Prihandoko.

Deni juga menjelaskan arah kebijakan SDGS Desa dilakukan untuk mempermudah kepala desa dalam menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan.

” SDGS Desa akan memandu kepala desa untuk melakukan pembangunan bukan berdasarkan keinginan masyarakat atau segelintir tokoh semata, melainkan dengan berdasarkan kebutuhan riil masyarakat desa “, tutur Pj. Camat Botolinggo.

Bayhaqi selaku Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan menjelaskan
Mengingat pentingnya keakuratan data yang didapat, maka hari ini kita adakan Bimtek SDGS dan IDM kepada semua pokja yang hadir di pendopo desa botolinggo, rata-rata didominasi oleh pemuda.

“Hari ini semua Pokja yang sudah terbentuk sudah dapat pembekalan guna melancarkan pendataan, tugas kita semua mendukung relawan dan Pokjanya agar dapat bekerja dengan optimal sesuai batas waktu yang sudah ditentukan ” , Jelas Bayhaqi.

Didepan Puluhan Pokja SDGS dan IDM, dengan penuh semangat Bayhaqi menjelaskan bahwa Salah data akan menyebabkan salah analisa dan menghasilkan rekomendasi yang salah, dan akibatnya akan membuat pembangunan desa salah arah. Maka jangan asal-asalan harus sesuai dengan fakta dilapangan, Jelas PDP kecamatan botolinggo. ( Rudi )

iklan 11 april 2021
WhatsApp Image 2021-04-05 at 17.13.30 (1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed