oleh

PELAKSANAAN PTSL DESA RANDUBANGO

banner 300250

banner 300250

Mojokerto harianmerdekapost , com Program sertifikasi tanah menjadi salah satu perhatian khusus Presiden Joko Widodo yaitu pada tahun 2025 di targetkan seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar .(13/03/2020)


Salah satu upaya yang di lakukan Kementerian ATR / BPN yaitu dengan penerapan teknologi melalui digitalisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) termasuk dokumen- dokumen pertanahan

Dengan penerapan digitalisasi program ptsl bisa membantu percepatan kerja Kementerian ATR / BPN dalam pengurusan pelayanan pertanahan .
Karena masih banyak di temukan sebanyak 50 % sengketa pertanahan yang tanahnya belum memiliki sertipikat . Dengan program ptsl di upayakan bisa mengurangi sengketa yang terjadi akibat belum adanya sertipikat .

Presiden Joko Widodo memperingatkan Badan Pertanahan Nasional agar tidak mempersulit pengurusan sertipikat tanah . Presiden Joko Widodo meminta proses pengurusan sertipikat di buat lebih sederhana , mudah dan cepat .

Seperti halnya yang di lakukan Kepala Desa Randubango Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto Wiwit Suhardi menghimbau warga masyarakatnya agar segera mendaftarkan bidang tanahnya untuk di sertipikatkan .


Kepala Desa menjelaskan betapa pentingnya tanah yang sudah bersertipikat karena tanah yang telah bersertipikat mendapat kepastian dan perlindungan hukum terhadap tanah yang di miliki .
Setelah mengadakan sosialisasi kepada warga masyarakatnya Kepala Desa Wiwit Suhardi segera membentuk panitia ptsl . Dengan di hadiri perangkat desa , tokoh masyarakat dan pemuda , dengan musyawarah mufakat memutuskan sebagai Ketua : H Basuki , dan Anggota sebanyak 27 orang .

Warga masyarakat Desa Randubango Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto yang meliputi Dusun Randubango , Dusun Belahan dan Dusun Krembung Dumpul sangat antusias mendaftarkan bidang tanahnya . Hingga sampai saat ini warga yang sudah mendaftarkan bidang tanahnya dan data yang sudah masuk ke panitia ptsl sebanyak kurang lebih 1000 bidang .


Kepala Desa Wiwit Suhardi dan Ketua PTSL H Basuki beserta seluruh panitia ptsl sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah mencanangkan program ptsl ini Karena program ptsl sangat berguna bagi warga Desa Randubango


Sampai saat ini pemberkasan berjalan lancar karena perangkat desa juga ikut membantu . Editor red (jurnalis Suroso )

banner 300250