oleh

PELAKSANAAN PROGRAM PTSL DESA SUGIH WARAS

banner 300250

banner 300250


Sidoarjo , harianmerdekapost , com Salah satu komitmen pemerintah adalah menata persoalan agraria . Penataan agraria harus di mulai dengan sertifikasi tanah . Sertipikat tanah selama ini di nilai masyarakat sulit dan lama untuk mendapatkannya . Maka dari itu , pemerintah melakukan percepatan sertifikasi tanah di seluruh Indonesia melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) .(19/03/2020)

Selain itu keseriusan pemerintah melaksanakan penataan agraria juga telah di jelaskan dengan di tanda tanganinya Peraturan Presiden ( Perpres) nomor 86 tahun 2018 tentang Reforma Agraria pada tanggal 24 September 2018 lalu . Terbitnya peraturan ini merupakan wujud pemerintah untuk menjamin pemerataan struktur penguasaan ,pemilikan , penggunaan dan pemanfaatan tanah .

Program PTSL di sebutkan selain akan mempersempit polemik sengketa lahan , lalu warga setelah mengantongi sertipikat akan mendorong laju ekonomi masyarakat itu sendiri .
Guna menyukseskan Program PTSL ini kantor BPN Kabupaten Sidoarjo gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat .
Presiden Joko Widodo memperingatkan para pejabat Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) agar tidak mempersulit pengurusan sertipikat tanah .

Seperti halnya yang di lakukan oleh Kepala Desa Sugih waras Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo Syaipul selalu menghimbau agar warganya mengikuti Program PTSL ini , karena program ini sangat berguna , menjadikan tanah warga menjadi bersertipikat .
Kepala Desa Sugih waras Syaipul melalui musyawarah mufakat telah menetapkan panitia PTSL dengan menunjuk Ketua : Mujiono , Sekertaris : B Romlah , Bendahara : Ahmad Imron , dan Anggota sebanyak 5 orang di bantu Karang Taruna sebanyak 3 orang .

Desa Sugihwaras meliputi dua dusun yakni Dusun Waras dan Dusun Rejo .
Dari Dusun Waras warga sangat antusias mendaftarkan tanahnya . Sampai saat ini data yang sudah masuk ke panitia PTSL sebanyak kurang lebih 1300 bidang . Sedangkan Dusun Rejo tidak mengikuti Program PTSL di karenakan Dusun Rejo adalah kawasan perumahan .

Masih Kepala Desa Sugih waras Syaipul yang juga menyatakan apresiasinya terhadap warga yang turut menyukseskan program PTSL , menurutnya ini adalah perjuangan bersama Pemerintah Desa , tim Panitia PTSL , dan juga Masyarakat Desa Sugih waras . Dan Kepala Desa Sugih waras Syaipul dan Ketua PTSL Mujiono beserta seluruh anggota PTSL sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah mencanangkan program PTSL ini .Editor red

( Suroso )

banner 300250