PELAKSANAAN PROGRAM PTSL DESA KENONGOSARI

banner 300250

banner 300250

Tuban, harianmerdekapost.com – Keseriusan pemerintah melaksanakan penataan agraria telah di tegaskan dengan di tanda tanganinya peraturan presiden nomer 86 tahun 2018 tentang Reforma Agraria pada tanggal 24 september 2018 . Terbitnya peraturan ini merupakan wujud pemerintah untuk menjamin pemerataan , struktur penguasaan , kepemilikan , penggunaan dan pemanfaatan tanah .

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) yang lebih di kenal masyarakat dengan istilah sertipikat masal adalah program pemerintah Republik Indonesia yang bertujuan menjamin kepastian hukum atas hak milik tanah , hal ini untuk menghindari terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan . Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipikat , dapat menjadikan sertipikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya .

Melalui program PTSL ini di harapkan , masyarakat segera mendaftarkan tanahnya untuk di sertipikatkan , karena program PTSL ini adalah program pemerintah untuk masyarakat memperoleh sertipikat tanah dengan cara mudah dan juga cepat .

Untuk melaksanakan program ptsl bidang tanah masyarakatnya , Kepala Desa SuamnotoKecamatan soko Kabupaten Tuban . telah menyerahkan sepenuhnya kepada pengurusan tanah yang telah di pilih melalui musyawarah mufakat , dengan memilih panitia ptsl dengan susunan sebagai Ketua : Prayitno Bendahara : Suyatno dan Anggota : 13 orang .
Desa kenongosari meliputi 2 dusun yakni Dusun kenongo lor dan Dusun kenongo kidul Masyarakat sangat mendukung program ptsl ini , untuk saat ini pemohon yang sudah masuk ke panitia ptsl sebanyak kurang lebih 1000 bidang .

Kepala Desa kenongosari berharap besar agar pelaksanaan ptsl di desanya berjalan lancar tanpa ada suatu kendala apapun dan Kepala desa juga sangat berterimakasih kepada pemerintah karena melalui program ptsl ini masyarakatnya akan memiliki sertipikat kepemilikan tanah yang sah . ( Suroso )