PELAKSANAAN PROGRAM PTSL DESA KAYANGAN

banner 300250

banner 300250

Jombang , harianmerdekapost , com l
Metode PTSL merupakan inovasi pemerintah melalui kementerian ATR / BPN , untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat .(25/03/2020)


Masih banyaknya tanah yang tidak bersertipikat mendorong pemerintah menggalakkan program yang kita kenal dengan PTSL ( Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) .
Tanah yang tidak di daftarkan pada badan pertanahan setempat beresiko bermasalah di masa depan . Salah satunya adalah pengklaiman tanah oleh pihak lain karena surat – surat yang tidak lengkap .

PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap adalah kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kalinya , dan di lakukan serentak di seluruh Indonesia bagi semua obyek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu desa / kelurahan atau yang setingkat dengan itu .

Seperti halnya yang di lakukan Dusun Kayangan , Dusun Kayen , Dusun Tebon dan Dusun Tungu di Desa Kayangan Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang . Masyarakat bersimpati dan berbondong – bondong mendaftarkan tanahnya untuk di jadikan tanah yang bersertipikat .
Kepala Desa Kayangan Tutik Handayani telah menyerahkan sepenuhnya kepada pengurus tanah yang ada di desanya . Dengan forum rapat , telah di sepakati dan telah menunjuk sebagai Ketua : Ali Masharudin , Bendahara : Khafid Zakaria , Sekretaris : Ashari H dan Anggota sebanyak 9 orang .
Warga sangat antusias mendaftarkan bidang tanahnya . Sampai saat ini warga yang sudah mendaftarkan tanahnya dan yang sudah masuk ke panitia PTSL kurang lebih 1200 dari jatah kuota BPN Jombang sebanyak kurang lebih 2000 bidang .

Kepala Desa Tutik Handayani , Sekretaris Desa Agus Suprayitno , dan Ketua PTSL Ali Masharudin beserta seluruh Anggota PTSL sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah mencanangkan program PTSL ini dan selalu berusaha semaksimal mungkin agar PTSL di Desa Kayangan cepat selesai . Sampai saat ini pemberkasan berjalan lancar dan kondusif .Editor red ( Jurnalis Efen )