Pakai Produk Batik Dalam Negeri Lebih Bangga ala Arzeti Bilbina

banner 300250

Surabaya,harianmerdekapost.com – Busana adalah hal wajib yang menjadi bagian para wanita untuk menunjang penampilannya. Bahkan tak sedikit orang yang memburu pakaian dari brand-brand luar negeri untuk tampil cantik, baik dikeseharian atau pun untuk acara-acara khusus.

Arzeti mengaku lebih nyaman dan bangga menggunakan produk-produk dalam negeri, apalagi batik dan tenun.
Tapi hal itu tak berlaku untuk mantan model kenamaan Indonesia, Arzeti Bilbina Huzaimi yang kini tengah menjalani karier sebagai anggota DPR RI.

Ia pun mengaku lebih suka produk-produk yang diproduksi secara manual oleh tangan-tangan kreatif para pengerajin dan desainer Indonesia.


“Aku sih lebih nyaman produk kita ya. Produk luar itu gimana pun mahalnya harga, tidak pernah kelihatan indah,” kata Arzeti saat ditemui di acara Kamini Expo 2020, Grand City Mall Surabaya, (7/03/20).

“Kalau kita, seperti yang mbak Itha (salah satu anggota Persana) bilang, beliau tidak suka print. Saya setuju karena print itu kan bisa dimanipulasi orang, pengusaha dan akhirnya dikapitalisasi. Tapi kalau kita bicara tentang batik tulis dan tenun yang dibuat oleh keluarga kita sendiri (orang Indonesia), ini adalah kebanggaan kita, budaya kita,” jelasnya.

Ia pun menilai, penenun dan pengrajin di Indonesia punya kreatifitas yang luar biasa dan patut dibanggakan. “Nggak ada ya, penenun kita itu dikasih kreativitas yang luar biasa sama Allah. Tinggal sekarang dikolaborasikan saja dengan para desainer. Jadi biarlah para penenun kita fokus dengan kreativitas untuk menenun, dan desainer kita yang akan meracik menjadi gaun-gaun yang sangat indah,” tutur Arzeti.

“Kalau kita tidak mensupport nanti lama-lama akan mati. Karena sekarang anak muda kalau ditanya, mau jadi petani nggak? Nggak mau. Padahal jadi petani bisa kaya raya lho. Begitu pun dengan penenun kita.” Untuk itu, Arzeti ingin anak-anak bangsa untuk ikut mendukung kehadiran produk-produk dalam negeri ini.

“Yuk kita sama-sama deh pakai (tenun dan batik Indonesia). Bukan karena kasian, karena memang terlihat cantik banget, betul deh. Keliatan beda, gitu.” Nah, untuk itu Arzeti berpesan nih untuk Urbanreaders di mana pun berada untuk ikut mendukung dan melestarikan produk-produk karya anak bangsa.(AD1)