oleh

ORARI Lokal Dampingi Pramuka Kwarcab Lumajang Gelar Jambore On The Air (JOTA)

Lumajang, harianmerdekapost.com – Anggota ORARI Lokal Lumajang, serta Ketua Lokal Nekad Sudarmono (YB3OI) secara langsung mendampingi, sekaligus membina adik-adik Pramuka Kwartir Cabang Lumajang dalam kegiatan Jambore On The Air (JOTA) Nasional yang pembukaannya digelar pada hari Jumat (16/10/2020) bertempat dirumah (base station) salah seorang anggota ORARI Lokal Lumajang H. Subekti (YF3BQS) di Perumahan Suko Blok C-7, Kel. Rogotrunan Kec. Lumajang Kab. Lumajang.

Kegiatan Jambore On The Air (JOTA), Jambore On The Internet (JOTI) adalah kegiatan rutin tahunan yang digelar Gerakan Pramuka Nasional, dilaksanakan guna melatih diri setiap anggota Pramuka dalam hal kecakapan berkomunikasi menggunakan frekuensi radio, khususnya radio dengan frekuensi HF untuk komunikasi antar wilayah manapun khususnya seluruh wilayah Indonesia dan dunia, dengan syarat propagasi yang terbuka (clear).

Foto : anggota pramuka laki-laki latih diri komunikasi

Penggunaan frekuensi HF (High Frekuensi) tentunya tidak lepas dari peran serta organisasi radio yang diakui pemerintah serta memiliki ijin penggunaan frekuensi HF yaitu ORARI, sebagai pendamping serta membimbing tentang tata cara penggunaan alat komunikasi dan berkomunikasi yang baik dan benar melalui frekuensi radio.

Kegiatan JOTA yang diadakan oleh gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lumajang bersama Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Lumajang sedianya digelar selama 3 hari dan hari ini, Minggu (18/10/2020) merupakan hari terakhir kegiatan.

JOTA JOTI diikuti oleh seluruh anggota pramuka di Kwarcab Lumajang termasuk dari Gugus Depan Sekolah yang ada di Kab. Lumajang, tercatat kurang lebih 50 orang anggota pramuka yang sudah mengikuti kegiatan.

Foto : ditempat terpisah, anggota pramuka perempuan

Penanggung jawab kegiatan JOTA, Drs Didik Sulispriyanto, M.M (YE3BRJ) dari ORARI berharap setelah kegiatan JOTA berakhir, adik – adik Pramuka yang telah mengikuti kegiatan dapat memahami bagaimana tata cara berkomunikasi yang baik dan benar sesuai prosedur operating, serta memberikan pengetahuan baru tentang berkomunikasi melalui radio.

“Jadi sewaktu – waktu jika adik – adik paramuka dibutuhkan dalam kegiatan sosial kebencanaan bisa membantu sebagai operator radio”, ungkapnya

Hal senada disampaikan perwakilan anggota pramuka Abi Malik ketua DKC Pramuka yang berpartisipasi dan merasakan manfaat dari kegiatan, selain mendapat ilmu baru tentang komunikasi juga mendapat teman baru dari Kwarcab Pramuka lain diseluruh Indonesia dan berharap acara yang sudah menjadi agenda tahunan Gerakan Pramuka Nasional ini semakin semarak dan dapat diikuti lebih banyak lagi anggota pramuka.

“Senang kak, dapat ilmu juga dapat teman baru dari seluruh Indonesia”, ucapnya

“Berharap kedepan ORARI tetap konsisten membimbing kami di kegiatan yang sama”, imbuhnya

Sampai kegiatan selesai, Ketua ORARI Lokal Lumajang Nekad Sudarmono (YB3OI) mengapresiasi baik kegiatan yang sudah berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

“Dengan waktu yang singkat, semoga hasil dari kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada adik-adik peserta JOTA”, pungkasnya. (fjr)

Untitled-1
Untitled-1
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59
WhatsApp Image 2020-10-12 at 21.14.59 (1)
WhatsApp Image 2020-10-13 at 14.18.12
WhatsApp Image 2020-09-30 at 06.08.24
WhatsApp Image 2020-09-28 at 08.08.0

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed