Observasi Covid- 19, Polda Jawa Timur Siapkan Posko Wilayah Jajaran Polresta dan Polres

banner 300250

Surabaya, harianmerdekapost.com- Kabid Humas Kombe Trunoyudo Wisnu Andiko, posko sebanyak itu wilayah jajaran Polresta/Polres di Polda Jatim. Sudah mendidikan posko observasi yang ada di Polresta/Polres di jajaran Polda Jatim.

Dikatakan, terkait mudik, masyarakat yang berada di luar Jawa Timur dan ingik kembali ke tempat asalnya masing masing.

banner 300250

banner 300250

“Ketika menghadapi mudik saat lebaran, dalam kegiatan itu, Kapolda Jatim sudah meminta ke seluruh jajaran Polres untuk membuat posko tempat yang memang untuk kedatangan masyarakat. Posko yang sudah disiapkan  seperti terminal, pelabuhan, stasiun KA dan bandara,” kata Kabid Humas Kombes Trunoyudo Wisnu Andika.

Sementara fasilitas di Posko terkait Pandemi Covid 19 seperti posko observasi. Posko ini bagian dari gugus tugas. Dan sudah dilakukan koordinasi dengan gugus tugas terkait, seperti dari BPBD, Pemprov Jatim termauk Polri –TNI.

Mekanismenya masyarakat yang kembali ke kampung halaman. “Hal ini wajib kita lakukan karena statusnya ketika datang sudah sebagai orang dalam pengawasan (ODP) ini harus dilakukan observasi terlebih dahulu,” lanjut Kombes Trunojoyo.

Observasi itu seperti menggunakan Thermalgun (mengecek suhu tubuh). Apabila ada indikasi tentu dapat terdeteksi. Ciri ciri lain dapat diindikasikan dari batuk pilek dan sebagainya. Observasi ini nanti akan dilakukan lebih lanjut seperti isolasi.

“Tetunya kami siapkan ditempat tempat tersebut yang berkoordinasi dengan Dinkes kemudian nanti dilakukan isolasi mandiri di tempat tersebut,”tandasnya.

Jika setelah ada indikasinya, tentu jajaran Polres berkoordinasi untuk menjemput ke mana Rumah Sakit rujukan. Tentunya terkait hal itui bisa dilakukan diantaranya dengan Rapid Tes,”pungkasnya.

Sementara pendataan identitas pemudik ada registrasi seperti dari stakeholder; Dispenduk, Pemda, ini menjadi bagian tugas dari gugus tugas bagi warga yang datang, karena statusnya, sekali lagi ODP.

Sedangkan kalau pemudik berangkat sendiri? “Ya kami memperdayakan juga sampai RT/RW dari Kelurahan atau Desa,” tegasnya. (Ri/Adn)

WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x
WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14
WhatsApp-Image-2022-04-27-at-14.44.45-1-1x WhatsApp Image 2022-04-30 at 21.14


News Feed