Mulai 1 April 2020, PLN Bojonegoro Gratiskan Tagihan Listrik Warga Tidak Mampu

banner 300250

Bojonegoro, harianmerdekapost.com PLN Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Bojonegoro akan membebaskan tagihan untuk 344.518 pelanggan dengan daya 450 Voltase Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen untuk 55.612 pelanggan dengan daya 900 VA. Kebijakan tersebut mulai berlaku per 1 April sampai tiga bulan kedepan yakni bulan Juni. selama tiga bulan ke depan.

“Jumlah itu untuk wilayah kerja PLN Bojonegoro yang meliputi Bojonegoro, Tuban , Lamongan,” ujar Kepala Humas PLN APJ Bojonegoro Hekso Wisoto dikonfirmasi Kamis (2/4/2020) malam.

Menurutnya, pembebasan biaya tagihan pelanggan 450 V dan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA ini untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global covid 19 yang mengakibatkan lesunya perekonomian.

“Kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu,” tegas Hekso. Dijelaskan,

bagi pelanggan 450 VA baik pascabayar maupun prabayar semua dibebaskan biaya tagihan karena masuk subsidi. Sedangkan bagi pelanggan 900 VA yang mendapat diskon 50% adalah kategori R1 (pascabayar) dan R1T (token).

“Sementara untuk pelanggan 900 VA yang R1M dan R1 MT tidak dapat diskon karena masuk kategori mampu,” tandas Hekso.

Untuk menjalankan kebijakan tesebut, PLN APJ Bojonegoro menyiapkan anggaran Rp 13,2 miliar untuk menggratiskan biaya pelanggan 450 VA, dan sebesar Rp 4,8 miliar untuk memberikan diskon 50% bagi pelanggan 900 VA.

“Kami berharap dengan adanya kebijakan ini, pelanggan tidak perlu memikirkan tagihan listrik dan terus berada di rumah aja agar terhindar dari pandemi covid 19,” terangnya.

Penggratisan biaya tagihan listrik 450 VA disambut bahagia pelanggan. Seperti disampaikan Nur Rohman, warga RT 10/RW 03 Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander. Menurut dia, kebijakan ini sangat membantu meringan beban masyarakat yang sedang dilanda wabah corona.

“Apalagi sekarang jualan juga sepi. Jadi sangat membantu mengurangi beban pengeluaran,” tuturnya.

Begini Cara Dapatkan Keringanan Tagihan Listrik Bagi Pelanggan Rumah Tangga 450 VA dan 900 VA Subsidi Mekanisme website dengan cara:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123.

Dengan cara :

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Seperti yang di sampaikan Hekso saat diwawancai wartawan merdeka post dikantornya membenarkan hal tersebut diatas tidak hoax ( jurnalis abq n team )

banner 300250