oleh

MELALUI PROGRAM PTSL URUS LEGALITAS LAHAN DESA BENDET

banner 300250

Jombang, harianmerdekapost.com – Menteri ATR / Kepala BPN Sofyan Djalil mengungkapkan mafia tanah di sebabkan ada ruang yang memungkinkan mereka melakukan hal tersebut , sehingga pemerintah harus memperbaikinya secara komprehensif dan sistematis dengan mensertipikatkan semua tanah , menyelesaikan sengketa dan mendudukan sertipikat serta memajukan UU baru untuk mematikan dokumen lama agar tidak bisa di gunakan lagi . (27/03/2020)

Melalui kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional atau ATR / BPN program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) dapat mempercepat masyarakat memperoleh sertipikat .
PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali , yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum di daftarkan di dalam suatu wilayah atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu . Melalui program ini pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang di miliki masyarakat .

Latar belakang program ini karena pemerintah masih menemukan banyak tanah di Indonesia yang belum disetujui atau tidak memiliki sertipikat .
Syarat program PTSL yang harus di penuhi pemohon yakni dokumen kependudukan berupa kartu keluarga , kartu tanda penduduk , surat tanah , tanda batas tanah yang terpasang , bukti setor biaya perolehan hak atas tanah dan bangunan , dan pajak penghasilan serta pemohonan atau surat pernyataan peserta .

Warga Desa Bendet Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang bisa bernafas lega , pasalnya program PTSL sudah masuk di desanya . Keantusiaan pemohon PTSL di sambut baik oleh pemerintah desa dan melalui musyawarah mufakat Kepala Desa H Imam Qozali dan Sekretaris Desa Darmaji segera membentuk panitia PTSL dengan hasil kesepakatan menetapkan sebagai Ketua PTSL : Sukedi , Sekertaris : Zaenal , Bendahara : Yati , dan Anggota sebanyak 10 orang .

Warga Desa Bendet sangat mendukung program PTSL ini . Dari dua dusun yakni Dusun Bendet dan Dusun Nglaban, pemohon yang sudah mendaftar ke panitia PTSL sebanyak kurang lebih 600 bidang , dari jatah BPN Jombang sebanyak kurang lebih 920 bidang .

Kepala Desa Bendet menghimbau warganya agar segera mendaftarkan bidang tanahnya bagi yang belum mendaftar karena program PTSL ini sangat membantu mempercepat pengurusan tanah menjadi bersertipikat .

Kepala Desa Bendet H Imam Qozali , Sekretaris Desa Darmaji dan Ketua PTSL Sukedi beserta seluruh anggota PTSL sangat berterimakasih kepada pemerintah dengan adanya program PTSL di desanya ini , karena program ini sangat bermanfaat bagi warga desanya .
Sampai saat ini pemberkasan berjalan lancar karena pihak pemerintah desa serta badan pengawas desa juga ikut membantu . ( Jurnalis Suroso )

banner 300250