oleh

Masyarakat Diminta Manfaatkan Posyandu untuk Jaga Tumbuh Kembang Anak dalam Masa Pandemi COVID-19

Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang– Sebagai upaya menjaga kesehatan generasi penerus bangsa agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan kuat, masyarakat diminta memanfaatkan pelayanan kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), terutama ibu hamil, anak-anak dan balita pada masa pandemi COVID 19 untuk tetap patuhi Prokes.

“Sebagai bagian dari Binter (Pembinaan Teritorial, red) dalam membantu pemerintah desa dan masyarakat untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan pelayanan Posyandu terdekat, khususnya bagi ibu hamil, anak-anak dan balita, agar kesehatan dan pemenuhan gizinya di masa pandemi COVID-19 ini bisa terjaga dengan baik,” ujar Babinsa Kaliboto Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto, Sertu Fahrur Rosi saat mendampingi kegiatan Posyandu Melati di Polindes Desa Kaliboto Kidul kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (18/7/2021).

Rosi juga menyampaikan, bahwa sebagai Babinsa yang merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), selain melaksanakan tugas kemiliteran juga berkewajiban menyiapkan dan membentuk generasi muda di wilayah binaannya menjadi generasi penerus yang dapat meneruskan para pendahulu bangsa untuk mewujudkan cita-cita di masa yang akan datang.

“Membina dan menyiapkan generasi muda sebagai generasi milenial penerus bangsa di masa yang akan datang bukan hanya tugas pemerintah akan tetapi adalah tugas kita bersama, maka dari itu, dengan aktif datang ke Posyandu diharapkan kesehatan serta tumbuh kembang anak secara berkala dapat terpantau dan terjaga, walaupun di masa pandemi COVID-19 yang kita alami saat ini,” kata dia.

Sementara itu, Bidan Desa Kaliboto Kidul, Estu Palupi, Amd. Keb., menerangkan, bahwa Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan oleh beberapa kader kader masyarakat, dengan dibantu oleh petugas kesehatan untuk melayani keluhan masyarakat tentang kesehatan dan kebersihan.

Lanjut dia, dalam kegiatan Posyandu, tidak hanya dilakukan penimbangan dan imunisasi saja, tetapi juga dilaksanakan pemberian makanan tambahan dan vitamin, agar anak-anak dan balita dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, sehingga kesehatan ibu hamil, serta tumbuh kembang anak dan balita. melalui kegiatan Posyandu ini diharapkan dapat mencetak generasi penerus bangsa.

“Dengan demikian melalui kegiatan Posyandu ini dalam pademi COVID-19 yang belum berakhir upaya kami disamping memberikan sosialisasi kesehatan juga memberikan sosialisasi agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah,” pungkasnya. (fjr/red)

banner 300250

banner 300250

No Slide Found In Slider.

News Feed