oleh

Masyarakat Desa Wotgalih Lumajang Diminta Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)


Harianmerdekapost.com Jatim, Lumajang – Babinsa Wotgalih Koramil 0821/11 Yosowilangun Pelda Guntur Rudi Purwanto mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat melalui kegiatan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Semua ini dilakukan untuk menjaga dan menciptakan masyarakat Desa Wotgalih yang sehat dan sejahtera,” kata dia

saat mendampingi Tim ODF (Open Defecation Free) mendata rumah warga yang belum memiliki jamban/WC keluarga di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (4/5/2021).

Guntur juga mengatakan, bahwa pendampingan terhadap Tim ODF tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan warga binaan, serta mewujudkan program pemerintah dalam menciptakan Desa yang bersih, sehat, rapi dan indah (Berseri).

“Melalui kegiatan ini masyarakat juga diberikan pemahaman tentang bagaimana resiko dan bahaya terhadap kesehatan ketika masih buang air besar sembarangan,” ujar dia.

Sementara itu, Bidan Desa Wotgalih Hj. Ida Rahmawati S. ST., mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya dalam menyukseskan program pemerintah tentang Open Defecatio Free (ODF ) yakni Desa Bebas Buang Air Besar Sembarangan khususnya di wilayah Kecamatan Yosowilangun.

Lanjut dia, dalam pelaksanaannya Tim ODF yang didampingi oleh Babinsa dan Perangkat Desa Wotgalih terjun langsung guna mensurvei dan mendata rumah-rumah warga yang masih belum memiliki jamban/WC keluarga, terutama bagi warga yang kurang mampu dan masih memiliki balita.

“Dari data yang di dapat, nantinya akan dibangun jamban/WC bagi masyarakat. Semoga dengan adannya jamban/WC tersebut masyarakat tidak lagi melakukan buang air besar dikali atau dipekarangan (kebun) yang nantinya bisa menimbulkan penyakit,” pungkasnya.

(fjr/red)

News Feed