MASYARAKAT DESA SUMOBITO ANTUSIAS TERIMA PROGRAM PTSL

banner 300250

Jombang , harianmerdeka , com Pemerintah secara keseluruhan menargetkan memberi sertipikat tanah di seluruh Indonesia selesai pada tahun 2020 .
Guna mensukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) , Kantor BPN Kabupaten Jombang terus gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi . Dalam penyuluhan tersebut , masyarakat di ajak mengurus sertipikat tanah melalui program PTSL . Dengan PTSL banyak yang di dapat di antaranya yakni mudah dan cepat . (25/03/2020)

banner 300250

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui kementerian ATR / BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat , sandang , pangan , dan papan . Program tersebut di tuangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Intruksi Presiden No 2 tahun 2018 .
Syarat program PTSL yang harus di penuhi pemohon yakni dokumen kependudukan berupa kartu keluarga ,kartu tanda penduduk , surat tanah , tanda batas tanah yang terpasang , bukti setor biaya perolehan hak atas tanah dan bangunan , dan pajak penghasilan serta pemohonan atau surat pernyataan peserta .

Desa Sumobito Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang merupakan salah satu desa yang mengikuti program PTSL ini .
Kepala Desa Sumobito Bakheri menghimbau agar warganya segera mendaftarkan tanahnya untuk di sertipikatkan melalui program PTSL ini .
Dalam pelaksanaan PTSL , Kepala Desa Bakheri segera membentuk panitia PTSL dengan jumlah seluruh kepanitiaan berjumlah 18 orang , melalui forum musyawarah mufakat memutuskan sebagai Ketua PTSL : Eka Sapta , Sekretaris : Bambang DS , Bendahara : Umi Saroh , dan Anggota : 15 orang .

Dusun Joho Clumplit , Dusun Sumobito , Dusun Medan Bakti , dan Dusun Ingas Pendowo , yang ada di Desa Sumobito , warga masyarakatnya sangat mendukung program PTSL ini . Dan sampai saat ini warga yang sudah mendaftar ke panitia PTSL sebanyak kurang lebih 700 bidang dari jatah kuota dari BPN Jombang sebanyak kurang lebih 850 bidang , di tambah lagi kuota dari BPN Jombang sebanyak kurang lebih 500 bidang .
Kepala Desa Bakheri berharap warga masyarakatnya memahami betapa pentingnya tanah yang sudah memiliki sertipikat karena tujuan tanah yang sudah bersertipikat memiliki perlindungan hukum dan menghindari terjadinya penipuan dan perselisihan dalam pemanfaatan tanah .

Kepala Desa Sumobito juga berharap program PTSL di desanya berjalan lancar dan sukses sampai selesai . Kepala Desa Bakheri dan Ketua PTSL Eka Sapta beserta seluruh Anggota PTSL sangat berterimakasih kepada pemerintah karena adanya program PTSL di desanya . Editor red

( Jurnalis Efen )